Telaah KPK, Kasus Pasar Turi Hanya Masalah Perdata

Tidak ada komentar 125 views

Surabaya,(DOC) – Laporan Pemkot Surabaya terhadap dugaan adanya tindak korupsi dalam pembangunan Pasar Turi, mendapat perhatian serius oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) yang langsung melakukan verifikasi dan telaah.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Zulkarnain mengatakan verifikasi dan telaah terkait kasus Pasar Turi Surabaya kini masih berjalan. “Tapi masalah yang menonjol adalah perdata,”jelas Zulkarnain kepada media usai Semiloka Korupsi Pencegahan di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa,(14/10/ 2014).

Ia menambahkan, laporan sebuah kasus biasanya diterima oleh Humas KPK untuk selanjutnya diverifikasi dan ditelaah. Menurut Zulkarnain, masalah menonjol dari kasus Pasar Turi lebih berkaitan dengan persoalan perdata antara investor dengan Pemerintah Kota yang melibatkan pedagang.

Soal keputusan yang dulunya dikeluarkan oleh pejabat publik, Zulkarnain mengatakan perlunya ada kajian tim ahli untuk melihat kontrak. Ini dilakukan agar bisa menentukan siapa yang melakukan wanprestasi.

Meski begitu, Zulkarnain tidak menampik kemungkinan adanya wanprestasi berupa suap-menyuap atau pemerasan. Untuk soal ini, ada upaya penyelesaian yang berbeda. Tapi  Ia meminta agar para pedagang lebih dulu terlayani. Kalaupun ada masalah lain yang muncul bisa diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.(r7)