Hati-hati Jika Air Kencing Anda Berbusa, Mungkin Ini Tanda Masalah Ginjal

air kencing berbusa

Coba perhatikan air kencing Anda, apakah berbusa? Air kencing berbusa merupakan suatu hal yang normal dialami oleh semua orang. Biasanya air kencing berbusa terjadi karena Anda menahan buang air kecil sehingga saat dikeluarkan air kencing sangat banyak dan dikeluarkan dengan sangat cepat. Alasan lain, yaitu karena Anda kurang minum sehingga air kencing menjadi terkonsentrasi dan ketika dikeluarkan terdapat busa.

Untuk alasan tersebut, sebaiknya Anda jangan menahan buang air kecil dan minum air yang banyak. Jika Anda sudah melakukan hal tersebut, maka air kencing Anda mungkin tidak akan berbusa lagi. Hal ini juga baik untuk kesehatan ginjal Anda.

Namun begitu, air kencing berbusa yang terjadi dalam waktu lama dan tidak hilang mungkin bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius. Busa dalam air kencing bisa menjadi tanda bahwa terdapat protein dalam air kencing Anda. Di mana, ini bukan menjadi suatu hal yang normal. Ginjal seharusnya menyaring protein, sehingga tidak terdapat kandungan protein dalam air kencing.

Protein dalam air kencing (disebut proteinuria) akan bereaksi dengan udara sehingga terbentuk busa dalam air kencing. Adanya protein dalam air kencing bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius, seperti penyakit ginjal kronis, kerusakan ginjal, tekanan darah tinggi, dan diabetes (kencing manis).

Anda mungkin harus memeriksakan hal ini jika air kencing berbusa juga dibarengi dengan gejala lain, seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, air kencing yang keluar tidak seperti biasanya, warna air kencing lebih gelap atau malah ada darah, kesulitan tidur, mual, dan muntah.