Hidup Sehat Untuk Penderita Lupus

Tidak ada komentar 274 views

Surabaya, (DOC) – Penyakit lupus membuat penderitanya mengalami gangguan sistem imun. Bahkan, tubuh akan menganggap jaringan tubuh sebagai benda asing. Walhasil sistem imun segera menghantam jaringan tubuh sendiri sehingga sering disebut dengan penyakit autoimun.
Gajala yang bisa terjadi yaitu kulit memerah, kerontokan rambut, nyeri otot dan sendi, dan sariawan. Berbagai gejala yang muncul bisa berbeda di antara penderitanya. Seringkali lupus menimbulkan penurunan kualitas hidup pasien.
Meski begitu, hidup harus tetap dijalani dengan optimisme. Dikutip dari CNN, ada beberapa cara untuk hidup sehat sekalipun menderita lupus:

1. Tidak merokok. Asap rokok dapat mempercepat dan memperburuk gejala lupus. Hindari untuk menjadi perokok aktif maupun pasif saat Anda tediagnosis memiliki lupus.
2. Berolahraga secara teratur. Olahraga akan menyehatkan fisik dan mental. Dengan aktivitas ini dapat melindungi jantung, mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan otor, hingga menghilangkan stres. Berbagai manfaat olahraga diperlukan oleh pasien lupus. Namun, lakukan jenis olahraga yang cocok dengan kondisi fisik.
3. Cukup tidur. Usahakan dapat tidur tujuh jam setiap malam. Istirahat akan mengurangi kelelahan. Namun kalau kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan lebih lelah. Hindari mengonsumsi makanan dekat dengan waktu tidur.
4. Hindari paparan sinar matahari. Terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa memicu gejala stroke. Jika keluar rumah pakai tabir surya dengan SPF minimal 30. Hindari terkena matahari pada pukul 10 pagi hingga 16 sore. Pakai baju lengan panjang, celana panjang, dan topi lebar kala keluar di siang hari.
5. Tutup lampu neon dengan pelindung. Pasalnya, lampu neon juga mengeluarkan sinar ultraviolet. Pemakaian pelindung berteknologi nano dapat menyaring UV B dan UV C, serta sebagian UV A.
6. Hindari infeksi. Obat-obatan tertentu untuk lupus bisa membuat pasien lebih rentan terkena infeksi. Cuci tangan dengan sabun dan air hangat agar bakteri atau virus menyingkir. Hindari menyentuh tangan, mulut, atau hidung dengan tangan yang kotor. Jika ingin mengambil imuninasi atau vaksin, tanyakan lebih dulu pada dokter.
7. Pasien lupus kerap ditemui mengalami nyeri otot dan sendi di beberapa titik. Obat pereda nyeri memang membantu mengatasi. Namun bisa pula diatasi dengan cara lebih alami seperti mandi air hangat atau berendam di air panas. Bisa pula melakukan yoga, tai chi, akupuntur, dan sebagainya. Konsultasikan lebih dulu pada dokter Anda.
8. Jauhi depresi dan bentuk mood buruk lainnya. Pasien lupus biasa mendapatkan mood buruk seperti itu. Namun tetaplah mencari jalan agar kesehatan mental membaik Mungkin bisa melakukan meditasi, olah napas, rekreasi, dan sebagainya.
9. Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Pilih makanan dari jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kaya protein, hingga ikan. Dalam minyak ikan, misalnya, terdapat asam lemak omega 3 yang membantu mengurangi peradangan. Salah satu makanan yang mesti dihindari adalah kandungan alfafa. Ini adalah asam amino dalam kecambah dan biji yang bisa memicu peradangan.
10. Diskusikan dengan dokter tentang alergi obat. Obat alergi bisa memicu kemunculan gejala lupus. (sdm/r4)