Hijaukan MER II C Dengan Menanam Pohon

Tidak ada komentar 163 views

Surabaya, (DOC)- Upaya menjadikan Kota Surabaya menjadi tempat yang ramah dan sejuk bagi penghuninya terus digalakkan oleh pemerintah kota (pemkot). Setelah sebelumnya melakukan bersih-bersih massal hampir di sepanjang kali di Surabaya, kini pemkot melakuan penghijauan di jalan Ir Soekarno, atau yang lebih dikenal dengan Middle East Ring Road (MERR).
Dalam penghijauan yang dilakukan oleh ratusan pasukan merah putih Surabaya tersebut, juga dihadiri Wakil Walikota (Wawali) Surabaya, Bambang Dwi Hartono. Dalam sambutanya, Bambang DH, demikian sapaan akrab wawali mendukung kegiatan penghijauan yang dilakukan di wilayah Rungkut.
“Saya cukup senang sekaligus mendukung gerakan penghijauan yang telah dilakuka,” ujar Bambang DH.
Menurut Bambang DH, penghijauan di sekitar MERR IIC memang sangat dibutuhkan. Mengingat sebagian besar telah tuntas pembangunanya. Diharapkan, dengan adanya penghijauan ini, akan semakin membuat para pengendara nyaman ketika melintas di jalan tersebut.
Selain menanam pohon, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga berencana mempercantik kawasan MERR dengan membangun taman-taman dan jalur pedestrian. sementara untuk konsep bangunanya, akan disesuaikan dengan bangunan yang berada di depan STIKOM dan Pandugo.
“Penanaman pohon ini hanyal awal saja, sebab pemerintah kota juga telah memiliki konsep agar kawasan MERR lebih cantik lagi,” cetus pria yang juga menjadi Wakil Ketua DPD PDIP jawa Timur itu.
Sementara Camat Rungkut Ridwan Mubarun mengatakan bahwa jenis pohon yang ditanam di sekitar MERR merupakan pohn pilihan. hal itu dibuktikan dengan hanya satu jenis pohon yang telah ditanam, yaitu pohon trembesi.
Menurut Ridwan, dipilihnya pohon Trembesi dilakukan bukan tanpa alasan. selain mudah tumbuh ketika ditanam, pohon yang memiliki nama ilimiah samanea saman itu juga dikenal kokoh dan rimbun daunya.
“Apalagi pohon Trembesi ini kan juga termasuk pohon yang mulai langkah,” jelas Ridwan.
Ridwan menjelaskan, akhir-akhir ini populasi pohon trembesi semakin menipis. Seiring dengan semakin menipisnya hutan alam. Pohon trembesi banyak yang ditebang dan tumbang. Sehingga, tanaman hutan ini masuk dalam salah satu flora yang dilindungi dan dijaga kelestariannya.
“Ada ratusan pohon trembesi setinggi dua meter yang ditanam di sepanjang jalan MERR II C kawasan Rungkut mulai dari depan Stikom hingga kawasan Gunung Anyar,” ungkapnya.
Senada dengan Ridwan Mubarun, sama juga diungkapkan Lurah Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Bambang. Bahkan Bambang mengusulkan agar penghijauan tidak hanya dilakukan di sekitar MERR saja.
“Warga berharap semua kawasan khususnya di Rungkut dihijaukan,” tandasnya. (K1/R7)