Hilangnya MAS, Sabotase Teroris?

Tidak ada komentar 82 views

Jakarta, (DOC) – Pesawat Malaysia Airlines (MAS) dengan nomor penerbangan MH370 keberangkatan Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China, yang dinyatakan hilang sejak Sabtu (8/3/2014) masih belum ditemukan. Berbagai dugaan penyebab kecelakaan bermunculan, salah satunya adalah sabotase oleh aksi teroris.
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, hilangnya pesawat Malaysia Airlines terbilang aneh karena tidak ada komunikasi terakhir dan tiba-tiba pesawat hilang dari radar sehingga posisi terakhir pun tidak diketahui. “Dalam dunia penerbangan penyebab kecelakaan pesawat bisa saja karena faktor kesalahan manusia, gangguan teknis mesin pesawat dan aksi teroris,” papar Tedjo.
Mantan pilot pesawat tempur Angkatan Laut ini memperkirakan bisa saja aksi terorisme yang menjadi sebab hilangnya pesawat MAS. “Hilangnya pesawat Malaysia Airlines bisa saja disebabkan oleh terorisme, apalagi dengan ditemukannya dua paspor palsu. Ini bisa menjadi kemungkinan memang ada pihak yang berniat jahat dan tidak ingin diketahui identitasnya,” lanjutnya.
Sementara Mantan Pangdam Iskandar Muda Aceh, Supiadin Aries Saputra menambahkan, jika dilihat dari catatan penerbangan pesawat Boeing 777-200 adalah pesawat dengan tingkat keamanan yang canggih dan hampir tidak pernah terjadi kecelakaan. “Pesawat jenis ini tercatat tidak pernah mengalami kecelakaan, oleh karena itu faktor sabotase oleh teroris bisa saja terjadi, apalagi ada penemuan 2 penumpang dengan menggunakan paspor palsu, ini bisa saja mengarah adanya sabotase oleh teroris,” tegasnya.
Mantan Pangdam IX Udayana Denpasar ini menambahkan sebenarnya tidak heran juga kalau Malaysia menjadi sasaran terorisme. Karena kalau dilihat dari catatan sejarah banyak pelaku terorisme dari Negeri Jiran itu seperti Noordin M Top dan Dr Azahari. (r4)