Hindari Biaya Mahal, Urus Sendiri IMB

Tidak ada komentar 1184 views

Surabaya,(DOC) – Praktek percalo-an ternyata masih merajalela di lingkungan Pemkot Surabaya. Banyak warga yang mengeluhkan biaya mahal saat mengurus suatu perizinan. Usut punya usut, ternyata warga tersebut menggunakan jasa calo.

Hal ini pun dihimbau Pemkot Surabaya agar warga saat mengurus perizinan untuk datang langsung ke tempat pengurusan izin seperti UPTSA. Tujuannya agar warga tak lagi dikerjai para calo.

Ingin mengurus IMB non-rumah tinggal atau rumah tinggal, warga bisa datang langsung ke kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya. Kehadiran langsung saat melakukan pengurusan untuk mengetahui apakah berkas yang diajukan sudah lengkap atau belum. Kalau lengkap, dapat dipastikan pengurusan izinnya bakal cepat rampung.

Menurut Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Karya Eri Cahyadi, Pemkot Surabaya memberikan kemudahan bagi warganya untuk mendapatkan izin. Dia mengatakan, agar siapapun yang hendak berinvestasi di Surabaya, tidak merasa susah.

Terkait perizinan rumah tinggal, Eri menjelaskan, untuk rumah tinggal satu lantai dengan luas berapapun, begitu juga dengan rumah tinggal dua lantai dengan luas 400 meter persegi, cukup dengan denah dan tampakannya. Sementara di atas dua lantai dan luas di atas 400 meter persegi, harus ada semuanya. Eri bahkan menyebut DCKTR siap menggambarkan denahnya.

Untuk pengurusan izin rumah tinggal, Eri menyebut butuh waktu 14 hari. Rinciannya, empat hari di DCKTR, empat hari di pemetaan dan kemudian menggambar peta. “Saya sampaikan ke staf agar jangan pernah memerlambat izin. Kasihan warga kalau izin rumit. Kalau ada yang lebih dari waktu itu, silahkan kritik saya karena akan saya perbaiki,” ujar Eri.

Eri juga menegaskan, tahun depan telah diberikan peringatan agar tidak ada warga ataupun pengembang yang nekad membangun bangunan ketika IMB belum dikantongi.(humas/r7)