HTC dan Google Umumkan Kesepakatan Miliaran Dolar

Jakarta (DOC) – HTC dan Google secara resmi mengumumkan bahwa kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan.

Google akan membayar HTC sebesar 1,1 miliar dolar AS untuk ditukar dengan beberapa karyawannya dan Google akan memiliki akses ke kekayaan intelektual HTC.

Karyawan HTC, yang banyak di antaranya saat ini bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan ponsel Pixel, akan bergabung dengan Google. Selain itu, Google akan menerima lisensi non-eksklusif untuk kekayaan intelektual HTC.

Hal ini berarti bahwa Google akan memiliki akses terhadap paten dan desain manufaktur HTC untuk perangkat Pixel masa depan.

“HTC telah menjadi mitra lama Google dan telah menciptakan beberapa perangkat premium terindah di pasaran,” ujar Rick Osterlog, Senior VP of Hardware, dikutip dari GSM Arena.

“Kami senang dan tidak sabar untuk menyambut anggota tim HTC yang akan bergabung dengan Google untuk mendorong inovasi lebih lanjut dan pembangunan produk masa depan di perangkat keras konsumen,” sambung dia.

Transaksi tersebut akan membantu HTC untuk unggul dengan smartphone andalannya yang akan datang (yang saat ini tengah digarap), dan HTC akan terus memperluas platform VIVE VR-nya serta berinvestasi di IoT, AR dan AI.

Bagi Google, kesepakatan ini menunjukkan komitmennya terhadap masa depan jajaran Pixel, dan akan membantu memperkuat dan menyederhanakan portofolio Google Pixel. Kesepakatan tersebut juga mengantarkan Google ke pusat teknologi baru di negara asal HTC di Taiwan.

Transaksi tersebut masih menunggu untuk disetujui oleh regulator, dan diperkirakan akan selesai pada awal 2018.

Ini adalah langkah besar bagi Google untuk memperkuat fondasinya dalam membangun perangkat kerasnya sendiri dan merupakan langkah awal yang kuat menuju 2018 untuk HTC. (D02)