D-ONENEWS.COM

Hujan Es Disertai Angin Kencang

Surabaya, (DOC) – Hujan deras disertai angin melanda kawasan Surabaya. Bahkan hujan juga disertai butiran es. Warga di Jalan Ahmad Yani dan Ketintang, merasakan hujan es tersebut.
Dari informasi Eko W, seorang warga Jalan Ketintang, hujan es turun sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis (20/2/2014).
“Kita kaget. Karena saat hujan turun, terdengar suara keras dari atap. Plethek… plethek. Saat kita cek ternyata hujan disertai butiran es,” ujar Eko.
Bahkan seorang pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Ahmad Yani merasakan hujan es sekitar pukul 16.30 WIB. “Tadi waktu pas di jalan mau pulang, sempat merasakan bunyi es jatuh di helm. Es-nya sebesar jari kelingking,” kata Onny Asmara kepada detikcom.
Selain di wilayah Ketintang hujan disertai butiran es juga turun di Waru Gunung, Putat Jaya, Pandugo, Dukuh Kupang dan Ngagel.
Prakirawan BMKG Juanda, Taufik mengatakan, hujan es ini karena dari munculnya awan columunimbus (CB). “Awan CB yang pekat ini membawa kristal es yang akhirnya turun ke bumi. Masyarakat diimbau waspada dengan cuaca hujan seperti ini,” kata Taufik.
Informasi yang dihimpun detikcom, hujan deras juga menumbangkan pohon di depan Mangga Dua Wonokromo sebanyak 3 titik dan di depan Pertamina Jagir. Akibatnya lalu lintas tersendat.
“Iya pohon tumbang juga terjadi di atas Jembatan Gunungsari atau di Tol Satelit arah Waru. Karena posisi pohon tumbang dua jalur agak menghambat lalu lintas. Tapi Jasa Marga sudah menuju ke lokasi,” kata seorang petugas piket Jasa Marga saat dihubungi.
Hujan deras ini juga mengakibatkan lalu lintas di Bundaran Waru, Jalan Ahmad Yani, kendaraan dari arah Karangpilang menuju Driyorejo atau di atas Jembatang Sepanjang, macet. Di kawasan Kletek, Sidoarjo juga macet. (dt/r4)

Loading...