IAIN Mulai Melunak Gandoli Lahannya Untuk Frontage A Yani

Surabaya,(DOC) – Pemkot Surabaya mengapresiasi kesediaan IAIN Sunan Ampel terhadap pembangunan Froantage road di lahan miliknya. Sekkota Surabaya, Hendro gunawan, Jumat (16/8/2013) menegaskan, dengan adanya lampu hijau dari IAIN diperkirakan akan mempercepat penyelesaian froantage road.

“Jika IAIN bersedia akan kita kerjakan langsung, ini justru mempercepat finalisasi. Tapi memang masih perlu pembicaraan lebih lanjut” ujar mantan Kepala Bappeko.

Sementara menanggapi permintaan IAIN mengenai fasilitas pendidikan yang diberikan sebagai kompensasinya, Hendro mengatakan tidak ada masalah.

“Hibah boleh. Pemerintah Pusat maupun daerah boleh memberikan hibah kepada instansi negeri maupun swasta” katanya.

Namun menurutnya, sebelum hibah diberikan terlebih dahulu ada kesepakatan atau MOU antara pemerintah kota dengan IAIN sunan Ampel. Ia memperkirakan proses MOU menelasan waktu sekitar 2 minggu. Mou antar dua intansi ini dinlai sebagai landasan legal formal untuk melanjutkan pembangunan froantage road yang mangkrak bertahun tahun di sekitar lahan IAIN.

“Harus ada tertulisnya, legal formalnya. Pembangunannya tahun ini bisa dilakukan setelah ada legal formal” tegasnya.

Mengenai kompensasi fasilitas pendidikan, Hendro gunawan mengatakan, sebelum direalisasikan memerlukan verifikasi dahulu.

“Kompensasinya ini yang perlu verifikasi oleh SKPD terkait. Yang dikendaki apa, pembangunan gedung atau sarana – prasarana, ada itung-itungan, nanti akan ada verifikasi proposal IAIN” paparnya.

Hendro memastikan, jika proses MoU dan appraisal cepat dilakukan, kompensasi IAIN bisa dianggarkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“jika usulannya final dan prosesnya bisa cepat, bisa masuk dalam PAK” jelasnya.

Minggu depan sejumlah jajaran SKPD Pemerintah kota akan melakukan koordinasi guna membahas kelanjutan pembangunan froantage road di kawasan IAIN, sebelum mengundang pihak kampus.

“Minggu depan kita akan koordinasi kembali dengan SKPD terkait Dinas PU, Tim appraisal sebelum mengundang pihak IAIN” katanya.(k4/r7)