IBT Expo 2017 Targetkan Transaksi Total Rp 150 M

Tidak ada komentar 37 views

Surabaya, (DOC) – Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo 2017 kembali digelar. Pameran yang menyuguhkan produk-produk unggulan lokal kawasan Indonesia Timur ini ingin mengulang kesuksesan tahun lalu dengan menargetkan transaksi mencapai Rp 150 Milyar.

Ketua Panitia Penyelenggara IBT Expo 2017 Mulyadi Yasin Saleh mengatakan, acara tahun ini masih mengusung tema yang sama ‘When East Java Meets Eastern Indonesia Part 2’. Namun, Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo 2017 tidak hanya menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), namun juga tuan rumah yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Menindaklanjuti keberhasilan IBT Center yang telah mengadakan EXPO di tahun 2016 dengan dukungan berbagai daerah Indonesia Bagian Timur antara lain Propinsi Nusa Tenggara Timur, Halmahera, Maluku Utara dan lain-lain, di tahun kedua ini IBT Expo kembali menyuguhkan potensi produk unggulan Kawasan Indonesia Timur di Surabaya, Jawa Timur,” ujar pria yang juga menjabat Manager Garden Palace Hotel itu.

Beragam acara telah dipersiapkan guna mensukseskan tujuan bersama yakni memberi kesempatan bagi pelaku bisnis dan stakeholder terkait untuk memperluas network, memperkenalkan produk unggulannya dalam rangka memperkuat potensi perdagangan, investasi dan pariwisata terutama di Kawasan Indonesia Timur.

IBT Expo 2017 berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 29 November hingga 3 Desember 2017, namun Pameran Indonesia Bagian Timur tidak berhenti di hari terakhir. Nantinya juga masih bersinergi dengan Pameran Potensi Daerah Perbatasan di tanggal 4 hingga 6 Desember 2017.

“Partisipasi peserta pun meningkat dari tahun sebelumnya dengan hadirnya kabupaten Buleleng, Gresik dan Malang. Pengunjung expo pun diprediksikan mencapai 2 kali lipat dari pengunjung tahun lalu,” imbuh Mulyadi.

IBT Expo tahun 2017 ini diharapkan mampu mewujudkan sinergi yang baik antara pihak penyelenggara yaitu IBT Center sebagai pihak swasta, dengan pemerintah setempat baik itu Kementrian dan juga Pemerintah Provinsi NTT dan Jawa Timur, untuk bersama memajukan produk unggulan dalam negeri.

“Apa yang sudah kami siapkan ini semoga mampu menjadi ajang pertukaran informasi, promosi pariwisata, serta menghadirkan transaksi perdagangan dengan nilai investasi dan kontrak kerjasama yang diharapkan oleh semua pihak” pungkasnya.

Director of Sales And Marketing Garden Palace Hotel, Rahmi D Pris mengungkapkan bahwa pada pelaksanaan Expo IBT pertama tahun lalu, yang berlangsung selama tiga hari, transaksinya mencapai Rp 50 miliar.

Sedangkan IBT Expo kali ini ditargetkan mencapai Rp 150 miliar karena transaksinya bersifat long-term. “Target tersebut tercapai dikarenakan pelaksanaan Expo IBT ke-2 berlangsung selama lima hari. Selain itu, jumlah peserta pameran yang berasal dari Indonesia Timur ini bertambah hingga 51 peserta,” tandasnya. (Ps)