IHSG Naik Pasca Deklarasi Capres – Cawapres

Tidak ada komentar 94 views

Jakarta,(DOC) – Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistianingsih mengatakan, pasar menyambut positif deklarasi capres dan cawapres. Menurutnya, deklarasi tersebut dipandang sebagai pengurangan risiko sehingga investor dapat memprediksi dan melakukan kalkulasi.

“Pasar menyambut positif. Ini berlaku untuk semua calon. Risiko jadi berkurang, sehingga investor bisa menghitung prediksi dan kemungkinan sehingga bisa mengkalkulasi. Ketika ada kejelasan, pasar akan menyambut positif. Bisa dilihar IHSG naik, rupiah menguat,” kata Lana, Senin (19/5/2014) kemarin.

Namun demikian, Lana memandang eforia ini sifatnya hanya sementara alias temporer. Eforia pasar tersebut, menurut dia, setidaknya hanya akan terjadi hingga hari ini. Esok hari dinilainya eforia tersebut akan meredup.

“Eforia ini temporary. Sampai hari ini setidaknya, karena data-data di Tiongkok juga tidak begitu bagus. Kalau kita menguat sendiri, sementara di regional juga tidak terlalu bagus, pasti kita Eforia ini juga terbantu asing,” ujarnya.

Sekedar informasi, IHSG sempat melonjak ke posisi 5.091, menjelang pengumuman deklarasi capres-cawapres. Namun pada pukul 12.00, IHSG parkir di level 5.033,98 atau naik sebesar 2,41 poin (0,04 persen). Indeks masih bertahan di zona penguatan, meskipun bursa regional berfluktuasi, dan cenderung melemah.

Hal ini lantaran investor menunggu data perekonomian Tiongkok dan Jepang. Deklarasi capres-cawapres pada siang hari ini juga memberi sentimen positif bagi investor, meskipun bursa di AsiaPasifik kebanyakan memerah.(kc/r7)