Ikoma ITS Serahkan Dua Mobil Pengangkut Sampah

Tidak ada komentar 265 views

Surabaya, (DOC) – Lebih dari 2000 orang tua mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memenuhi gedung Grha kampus ITS, Sabtu (13/10) untuk menghadiri  pertemuan yang mewadahi aspirasi mereka dengan pihak kampus. Adalah Ikoma (Ikatan Orang Tua Mahasiswa) ITS, sebuah wadah yang menyalurkan harapan para orang tua dengan putra-putrinya selama empat tahun mengemban pendidikan di ITS. Dalam kesempatan ini, Ikoma menyerahkan dua mobil pengangkut sampah kepada ITS untuk menunjang program Ecocampus yang sudah memasuki tahun kedua.

Ikoma yang sudah terbentuk sejak 26 tahun lalu, telah banyak memberikan sumbangsih atas peran serta orang tua mahasiswa ITS. Selain menunjang terlaksananya kegiatan akademik dan non-akademik (keorganisasian) mahasiswa ITS, masih banyak pula civitas yang telah merasakan keberadaan Ikoma. “Baik melalui fasilitas yang dihibahkan Ikoma maupun pemberian dana secara langsung kepada mahasiswa melalui beasiswa pendidikan. Langkah ini perlu terus menjadi komitmen awal orangtua mahasiswa baru ITS, “ ungkap Ir Budijono Djodymartono SE Mec, Ketua Ikoma ITS periode 2009-2012.

Budjiono memaparkan, beberapa tahun lalu, Ikoma menghibahkan dana untuk renovasi asrama mahasiswa ITS gedung B (dari sekitar 9 gedung asrama ITS). Selain itu, Ikoma  juga berpartisipasi dalam pembangunan gedung medical center  ITS. “Tahun ini Ikoma turut merenovasi asrama mahasiswa ITS gedung I dan J,” papar Budjiono. Bantuan lainnya pun dialokasikan pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti pendelagasian mahasiswa dalam mengikuti lomba, bantuan SPP bagi 200 mahasiswa ekonomi lemah (per tahun), serta hibah peralatan olahraga.

Ikoma pun tidak kalah andil dalam mendukung gerakan ITS Eco Campus. Setelah membuat tempat penampungan sampah sementara, dua unit mobil pick up pengangkut sampah pun dihibahkannya. “Hal itu agar terwujud pula kampus ITS yang bersih dan sehat,” ungkap Budijono.

Dalam kesempatan tersebut, ITS juga turut berupaya untuk memahamkan orang tua terkait program ITS go international. Oleh karenanya, Dr Maria Anityasari ST MT, ketua International Office ITS, memaparkan peluang dan tantangan internasionalisasi tersebut. “Harapannya, orang tua mampu mendukung putra-putinya dalam menyukseskan program ini,” kata Maria. (R9)

Tag: