D-ONENEWS.COM

Ikuti Tips Ini untuk Menyimpan Daging Qurban Agar Lebih Tahan Lama

daging qurban
Jakarta, (DOC) – Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Idul Adha yang identik dengan Qurban. Anda pasti sudah tidak sabar menyantap hidangan daging di rumah Anda, bisa disate, direndang, disemur, disop, atau lain sebagainya.
Namun terkadang, porsi daging yang Anda terima mungkin berlebih atau Anda tidak ingin memasak semuanya. Jadi, Anda ingin simpan sisanya. Nah, gimana sih cara menyimpan daging yang baik agar tidak cepat busuk? Ikuti tips ini!

  1. Sebelum disimpan, daging jangan dicuci. Mencuci daging justru dapat membuat kuman-kuman dari air cucian menempel pada daging, sehingga hal ini membuat daging cepat busuk. Cuci dagingnya nanti saja jika daging ingin dimasak.
  2. Jangan menyimpan daging utuh. Sebaiknya, potong-potong daging menjadi ukuran lebih kecil dan kemudian masukkan daging ke plastik ukuran 0,5-1 kg. Jadi, misalkan Anda ingin memasaknya, Anda tinggal ambil saja satu plastik daging tersebut. Memudahkan Anda bukan?
  3. Simpan daging di freezer. Daging yang beku atau disimpan di freezer bisa bertahan kurang lebih setahun. Tapi, sebelum disimpan di freezer, sebaiknya dinginkan daging dulu di refrigerator (bagian bawah freezer) selama 4-5 jam.

Nah, jika mau masak daging beku setelah disimpan di freezer, sebaiknya jangan langsung masak daging beku tersebut, jangan juga mencairkan daging yang beku dengan air panas. Cara benar untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan meletakkan daging beku tersebut di refrigetaor terlebih dahulu atau letakkan daging beku di bawah air mengalir dengan suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging mencair atau kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, dan daging siap dimasak. Selamat mencoba! (and)

Loading...

baca juga