Indentitas Caleg Semua Parpol Kacau

Tidak ada komentar 184 views

Surabaya (DOC) – Banyak caleg DPRD Kota Surabaya pada pemilu 2014 yang sudah diserahkan ke KPUD tidak memenui syarat admintrasi serta ketidakkecocokkan identitas yang dimiliki.

Anggota KPUD Surabaya Edward Dewaruci mengatakan, fomulir yang diisi oleh para calon anggota legislatif masih perlu revisi. Pasalnya, kata dia, banyak identitas yang diisi dalam formulir tidak sama dengan Kartu Tanda Kependudukan (KTP).

”Misalnya nama caleg dituliskan di formulir tidak cocok dengan yang ada di KTP sehingga perlu ada pembenahan,” kata Edward Dewaruci, kemarin (30/4).

Edward menuturkan, hampir semua parpol yang menyerahkan DCS memiliki masalah tesebut. ”Hampir rata-rata semua parpol ada kesalahan,” ujarnya.

Untuk itu, katanya, pihak KPU Surabaya akan menyerahkan kembali data DCS tersebut kepada parpol untuk dibenahi. Selanjutnya akan diserahkan ke KPUD lagi untuk dicek ulang sebelum ditetapkan sebagai daftar caleg tetap dalam pemilu 2014 nanti.

”Untuk sementara kita kembalikan supaya diperbaikkan kemudian diserahkan ke KPUD dan akan kita cek ulang lagi masih ada kesalah atau ketidak lengkapan berkas-berkasnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebelum ditetapkan sebagai daftar caleg tetap akan dilakukan pengecekkan ulang. Sehingga nanti tidak ada kesalah atau kekurangan berkas sebagai syarat untuk ditetapkan.

”Waktunya masih panjang sehingga para parpol bisa merevisi daftar caleg yang belum lengkap berkasnya atau ketidakcocokkan identitas,” katanya.(r3/r4/r7)