Indonesia Gagal, Malaysia Runner Up Groub B

Tidak ada komentar 107 views

Kuala Lumpur , (DOC) – Impian Timnas Indonesia untuk melangkah ke semifinal Piala AFF 2012 akhirnya gagal, setelah tergilas 2-0 oleh Timnas Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2012 di Bukit Jalil National Stadium, Sabtu (1/12/2012) malam.
Dalam pertandingan Grup B lainnya, Singapura berhasil menaklukkan Laos dengan skor 4-3, sekaligus menjadikan Singapura juara Grup B, dan didampingi Malaysia sebagai runner up.

Mengawali babak pertama, Indonesia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Tim asuhan Nilmaizar tampil agresif, sementara Timnas Malaysia tampak canggung bermain di hadapan pendukungnya.

Sebuah tembakan lemah pada menit ketiga dari Vendri Mofu masih bisa ditangkap Mochamad Farizal, yang disusul ancaman digawang Malaysia melalui tendangan Samsul Arif, meski bola masih melenceng jauh.

Di atas menit kesepuluh, Malaysia mulai mencoba mengimbangi perlawanan Tim Garuda. Mereka mulai membangun serangan, namun masih bisa digagalkan barisan pertahanan Indonesia.

Tim Garuda kembali memberikan tekanan kepada pertahanan Malaysia, dan kali ini lewat tendangan Irfan Bachdim yang masih ditepis kiper Malaysia dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tidak ingin berlama-lama ditekan, Malaysia pun langsung melancarkan serangan serangan. Dimenit ke 27, sebuah crossing tak terduga Mahali Jazuli, langsung dieksekusi dengan sempurna oleh Mohammad Azammuddin hingga membuat Malaysia unggul 1-0.

Gol Malaysia nampaknya menjadikan Indonesia terkejut, dan hanya berselang tiga menit, Harimau Malaya berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini umpan manis Wan Zack Haikal berhasil diselesaikan oleh Jazuli.

Indonesia mulai kehilangan konsentrasi, agresifitas yang diperlihatkan di awal babak pertama tak terlihat lagi. Sementara Malaysia mulai mendominasi permainan lewat umpan-umpan pendek mereka. Tapi, hingga babak pertama berakhir, skor 2-0 masih tetap bertahan.

Sementara di babak kedua, Indonesia masih kesulitan menembus pertahanan Malaysia. Bahkan tim arahan Datuk K. Rajagobal itu malah nyaris membobol gawang Indonesia lewat Safee Sali pada menit ke-54, namun untungnya bola masih diselamatkan dan langsung dibuang oleh pemain belakang Indonesia.
Malaysia terlihat menguasai ball possession lebih banyak, sementara pemain Indonesia seringkali kehilangan bola. Kesalahan umpan juga tak jarang dilakukan oleh Irfan Bachdim cs.

Tekanan yang dilakukan Indonesia juga kerapkali gagal menembus rapatnya barisan pertahanan Harimau Malaya. Penurunan tempo permainan Malaysia di perlihatkan, guna menahan bola.

Sebuah peluang masih didapat Indonesia di menit ke-90 lewat tendangan keras Andik Vermansyah, tetapi sayangnya bola melambung di atas mistar gawang. Setelah serangan itu, peluang berbahaya tim Indonesia sudah tidak nampak lagi dan skor tak berubah, tetap 2-0 untuk kemenangan Malaysia.

Susunan pemain kedua tim:

Malaysia: Farizal, Mahalli, Zubir, Aidil (Amar 67), Safiq, Norshahrul, Safee, Azamuddin (Ahmad Fakri 65), Shakir Shaari (Robbat 40), Wan Zack, Fadhli Shas

Indonesia: Wahyu Tri Nugroho, Raphael, Novan, Nopendi, Fachruddin, Taufiq, Elie ( Andik 35), Samsul (van Beukering 63), Irfan, Oktovianus (Cusell 58), Vendry Mofu. (oz/r7)