Indonesia Kembangkan Sumber Energy Panas Bumi

Tidak ada komentar 128 views

Surabaya,(DOC) – Panas Bumi yang dimiliki oleh Indonesia selama ini, nampaknya belum dimanfaatkan secara keseluruhan sebagai sumber daya energy Panas Bumi. Padahal 40 persen potensi dunia, Sumber Daya Energi panas bumi dimiliki oleh Indonesia.
Saat ini, energy panas bumi yang dimanfaatkan baru mencapai 1 sampai 2 persen saja. Sehingga kedepan Pemerintah Indonesia perlu mengembangkan lagi potensi sumber daya energy panas bumi.
Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gusti Muhammad Hatta, Mentri Riset dan Tehnologi, saat ditemui di sela acara Senior Officials Meeting Asia-Pacifik Economic Cooperation (SOM II APEC), di JW Marriot Hotel Surabaya, Selasa(9/4/2013) hari ini.
” Saat ini potensi sumber daya energi panas bumi yang sudah dimanfaatkan masih 1-2% saja, padahal energi panas bumi sendiri termasuk sumber daya energi yang ramah lingkungan, dan secepatnya akan kita kembangkan “, Katanya.
Menurut Hatta, 1 sampai 2 persen energi panas bumi yang sekarang digunakan yaitu terletak di Sulawesi Utara dan Jawa Barat. Di daerah tersebut, Pemerintah Indonesia telah bekerjasama dengan dengan Negara Jerman.
Pengembangan potensi Sumber energy panas bumi ini, akan segera dikerjakan agar kedepan bisa mengganti Bahan Bakar Minyak yang sekarang kian menipis hanya bertahan sampai 15 tahun kedepan.
” Kami akan terus mendorong untuk secepatnya energi panas bumi ini segera digali dan dimanfaatkan, untuk kedepan bisa menggantikan Bahan Bakar Minyak yang potensinya semakin menipis, dan diperkirakan 15 tahun kedepan akan habis “,ujarnya.
Dalam waktu dekat ini, Pemerintah akan secara intensif menjalin hubungan dengan negara negara lain untuk menawarkan kerjasama dibidang energy panas bumi. Bahkan berbagai event international seperti Forum APEC ini, juga dimanfaatkan untuk penawaran investasi. Diharapkan, langkah ini bisa membawa perbaikan ekonomi Indonesia hingga sejajar dengan negara-negara maju lainnya.(K8/R7)