Indonesia U-23 Dibantai Thailand 0-6

Tidak ada komentar 193 views

Incheon, (DOC) – Timnas Indonesia U-23 menutup laga pamungkas di Babak Penyisihan Grup E dengan kekalahan menyakitkan. Melawan Thailand, di Incheon Football Stadium, Senin (22/9/2014) petang, Garuda Muda takluk dengan skor telak 0-6.
Pada laga tersebut, pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso melakukan rotasi besar-besaran untuk menjaga kondisi para pemainnya. Namun rotasi tersebut harus dibayar mahal dengan kekalahan telak atas Thailand.
Sejak menit awal, Thailand langsung menggebrak dengan menampilkan permainan cepat yang langsung menuju pertahanan Indonesia yang dikomandoi Victor Igbonefo. Hasilnya, baru berjalan enam menit, gawang Indonesia yang dikawal Teguh Amiruddin harus bobol lewat tendangan Chananan Pombupha memanfaatkan umpan mendatar dari sisi kiri pertahanan Indonesia.
Unggul cepat, serangan Thailand semakin menjadi-jadi. Sebaliknya, para pemain Garuda Muda tampak belum siap untuk mengimbangi permainan cepat yang diperagakan tim Thailand. Lini tengah yang ditempati Rizky Pellu dan Rasyid Bakri begitu kewalahan mengimbangi lini tengah Thailand.
Pada menit ke-16, Thailand sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Lagi-lagi sisi kiri pertahanan Indonesia yang gagal menghalau serangan Thailand. Kali ini giliran Adisak Kraisorn yang sukses menjebol gawang Teguh Amiruddin.
Unggul dua gol membuat para pemain Thailand begitu bernafsu membobol gawang Garuda Muda. Namun beberapa peluang dari Charyl Chappuis, Nurul Sriyankem dan juga Addisak Kraisorn masih mampu diantisipasi Teguh Amiruddin. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.
Di babak kedua Indonesia mencoba bangkit. Pelatih Aji Santoso melakukan pergantian di lini belakang dengan memasukkan Achmad Jufriyanto untuk menggantikan Moch Zaenuri. Namun perubahan ini belum berarti banyak karena Thailand kembali mencetak gol pada menit ke-56 melalui Chanathip Songkrasin.
Unggul tiga gol semakin membuat kepercayaan diri pemain Thailand melambung. Sebaliknya, penggawa Garuda Muda justru terlihat sering gugup membangun serangan dan kerap melakukan kesalahan sendiri.
Mimpi buruk Indonesia terus berlanjut di sisa waktu pertandingan. Pada menit ke-75, Thailand kembali menambah skor. Kali ini Kroekrit Thakwikan yang sukses menyelesaikan kerjasama apik pemain Thailand yang membangun serangan dari sisi kiri pertahanan Indonesia.
Tak berhenti sampai disitu, pada menit ke-81 Thailand mencetak gol kelima ke gawang Indonesia. Pinyo Inpinit yang lepas dari kawalan dua bek tengah Indonesia sukses mengejar umpan lambung dari tengah lapangan sebelum menaklukkan Teguh Amiruddin.
Alih-alih memperkecil kedudukan, gawang Indonesia justru kembali bobol pada masa injury time. Sebuah umpan terobosan dari lini tengah, sukses dikejar oleh Adisak Kraisorn sebelum menaklukkan Teguh Amiruddin lewat tendangan kaki kirinya. Skor 6-0 untuk kemenangan Thailand ini bertahan hingga pertandingan usai.
Dengan kemenangan tersebut, Indonesia gagal memuncaki klasemen akhir Grup E dan akan menempati Korea Utara di babak 16 besar. Sementara Thailand yang menempati posisi pertama akan menghadapi Tiongkok. (bln/r4)