Indonesia Unggul 1-0 Atas Singapura Lewat Tendangan Andik

 Olahraga

Kuala Lumpur, (DOC) – Peluang Timnas Indonesia lolos di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 semakin besar, setelah Indonesia memetik poin penuh saat melawan Singapura di laga kedua yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11/2012) malam ini.

Hasil ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya Indonesia mengalahkan Singapura dalam enam pertemuan di Piala AFF.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia mengantongi point 4 dan menempati puncak Klasemen sementara Groub B. Sementara Singapura sendiri yang pernah mengalahkan empat kali tim Indonesia dan dua kali berakhir imbang, berada diposisi kedua dengan mengoleksi point 3 , hasil pertandingan pekan lalu melawan Malaysia yang dikalahkan dengan skor 3-0.

Jalannya Pertandingan di Babak Pertama Indonesia melawan Singapura, sejumlah pemain Indonesia mengalami cedera, seperti Handi Ramdan, dan Tonnie Cusell, yang membuat pelatih Nilmaizar merubah formasi permainan. Ellie Aiboy dan Andi Rahmat diberikan kesempatan bermain sejak awal laga, sedangkan Andik Vermansyah, dan Bambang Pamungkas disimpan.

Pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi sejak kick-off dibunyikan. Namun, Indonesia yang menempatkan M Rahmat dan Irfan Bachdim di lini serang kesulitan untuk menembus pertahanan Singapura, karena minimnya suplai-suplai bola dari lini tengah. Sebaliknya Singapura beberapa kali bisa memegang bola di dalam kotak penalti, dan melepaskan tembakan ke arah gawang.

Pertarungan sengit dibabak pertama, Indonesia sempat memetik peluang emas pertama melalui intersep Okto Maniani di sisi kanan. Okto tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singapura – Izwan Mahbud. Namun sayangnya bola yang berhasil direbut dari pemain Singapura tak lantas berbuah gol.

Peluang Singapura juga banyak tercipta selama babak pertama. Terutama ketika Singapura mendapat sepak pojok. Beruntung tendangan pemain Singapura masih melebar dari gawang Wahyu Nugroho.

Dibabak pertama ini, Singapura nyaris membobol gawang Merah Putih yang juga berawal dari set piece para pemain The Lions yang mencoba melakukan gerakan kamuflase dan mengumpan bola ke tengah pertahanan Indonesia dengan disambut tembakan keras. Namun Lagi lagi Beruntung, Kiper Timnas Wahyu Nugroho masih bisa mematahkan trick tersebut.

Beberapa menit menjelang Akhir paruh pertama, Indonesia kembali membuka harapan melalui tembakan keras Novan Setya dari luar kotak penalti, Cuma sayangnya, Izwan Mahbud melakukan penyelamatan gemilang menghalau bola ke luar lapangan.

Dari keseluruhan pertandingan diawal Babak, tim Indonesia lebih sering melakukan serangan balik dari sisi kanan yang ditempati Ellie Aiboy. Tetapi, serangan selalu kandas karena umpan-umpan Aiboy kepada Irfan dan Rahmat dapat mudah terbaca pemain belakang Singapura.

Sementara di babak kedua, Nilmaizar melakukan sejumlah perubahan dengan memasukan Bambang Pamungkas, Andik Vermansyah, dan Rashyid Bakrie untuk menggantikan M Rahmat, Ellie Aiboy, dan Okto.

Di Paruh Kedua, Indonesia mulai memaksimalkan keunggulan kecepatan sayap-sayapnya. Situasi ini membuat Singapura kalang-kabut dan akhirnya melakukan pelanggaran keras untuk menghentikan Andik. Kartu merah pun keluar kepada Mohammad Irwan Shah, sehingga Singapura terpaksa bermain dengan 10 orang mulai menit ke 66.

Situasi ini praktis menguntungkan Indonesia yang semakin mendominasi laga. Tapi Singapura justru nyaris mencuri gol ketika pertandingan memasuki menit ke 80, dengan sebuah sundulan keras dari Striker singapura Qiu Li yang baru diganti dibabak kedua oleh pelatih Singapura. Keberuntungan masih dipihak Indonesia, karena bola hanya membentur mistar gawang dan kemudian dihalau jauh oleh pemain Indonesia.

Pada menit ke 88, Timnas Indonesia akhirnya menuai gol indah, melalui tendangan bebas Andik dari jarak jauh. Kiper Singapura yang salah mengantisipasi tendangan Andik, membuat bola meluncur dengan bebas ke pojok atas gawang Singapura.

Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia dan membuat Indonesia berada di atas angin.Sementara Singapura mengubah gaya permainan dengan umpan-umpan panjang ke jantung pertahanan Indonesia untuk mengajer ketertinggalannya.

Dengan memanfaatkan keunggulan postur tubuh pemain Singapura yang tinggi, umpan lambung sering dilakukan. Taktik ini cukup mengancam gawang Indonesia beberapa kali.

Detik terakhir pertandingan akan berakhir, Indonesia kembali menciptakan satu peluang emas untuk menambah gol melalui kelincahan Andik yang membawa bola dengan cepat menusuk pertahanan Singapura. Sayangnya upaya tersebut gagal memperdayai kiper Singapura dan kedudukan pun berakhir 1-0 untuk Indonesia.

Line-Up Indonesia

12, Wahyu Nugroho, 4. N Sasongko, 13. Wahyu Wijiastanto, 6. F Wahyudi, 8. Ellie Aiboy, 28. Okto Maniani, 7. M Taufiq, 26. Vendri Movu, 10. I Bachdim, 3 R. Maitimo, 29 M Rahmat.

Pelatih: N. Maizar

1.I. Mahbud,16.D. Bennett, 5. B Khaizan, 20. I. Shah, 21 S Baharudin, 7. ShiJiayi, 17 S. Ishak,8 Sahdan Sulaiman, 14. H Harun, 15 F. Mustafic, 19. K Amri. Pelatih R Avramovic.(oz/r-7)