Ingat, Tetap Kontrol Nafsu Makan Saat Lebaran

Tidak ada komentar 66 views

Sumber gambar: http://wisatareligi.com/wp-content/uploads/2016/07/ketupat-lebaran.jpg

Jakarta,(DOC) – Opor, rendang, ketupat, sambal goreng kentang, dan lainnya merupakan menu-menu khas Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu. Hampir semua rumah pasti menyediakan menu-menu ini. Wajar, kesempatan ini hanya hadir setahun sekali. Tak heran, banyak orang yang ingin menikmati makan di hari raya Lebaran sepuasnya, Eits … tapi tunggu, tetap kontrol nafsu makan Anda agar tak mengalami kenaikan berat badan. Pastinya, Anda tidak ingin berat badan Anda naik setelah Lebaran, bukan?

Berikut ini merupakan tips mengontrol nafsu makan di hari raya Lebaran:

Tetap atur waktu dan porsi makan

Walaupun Anda sedang merayakan hari raya Lebaran, namun jangan lupa untuk tetap atur waktu makan dan porsi makan Anda. Jika Anda ingin mencoba semua menu yang ada di hari Lebaran, sebaiknya ambil menu dengan porsi sedikit, sehingga asupan makan Anda tidak berlebihan. Memakai piring yang kecil saat makan bisa menjadi strategi Anda untuk membatasi porsi makan Anda.

Kenali rasa lapar dan kenyang Anda

Sebelum makan, sebaiknya kenali tubuh Anda, apakah Anda benar-benar merasa lapar atau hanya lapar mata. Anda bisa minum segelas air terlebih dahulu sebelum makan dan tunggu setidaknya 20 menit. Jika dalam waktu 20 menit Anda merasa tetap lapar, mungkin tubuh Anda benar lapar. Dan, jika Anda tidak merasa lapar setelah minum air, Anda mungkin hanya lapar mata. Kenali perasaan lapar Anda sendiri!

Selain itu, berhentilah makan sebelum kenyang. Kenali juga rasa kenyang Anda sendiri! Saat makan, sebaiknya jangan menunggu sampai Anda benar-benar merasa kenyang baru berhenti. Karena, otak butuh waktu setidaknya 20 menit untuk memberitahu tubuh bahwa Anda sudah kenyang.

Makan dengan perlahan dan tanpa gangguan

Makan secara perlahan dan tanpa gangguan dapat membantu tubuh dalam mengenali rasa kenyang yang dirasakan saat makan. Makanlah tanpa sambil memegang gadget, menonton tv, dan lainnya agar Anda lebih fokus saat makan. Ini dapat memberi kontrol diri pada Anda saat makan.

Jangan ngemil banyak-banyak

Selain makanan utama, tak ketinggalan di hari raya Lebaran pasti tersedia bermacam-macam kue kering dan pasti rasanya manis. Ini bisa menyumbang asupan kalori pada tubuh Anda. Sehingga, Anda harus mengontrol diri Anda saat makan kue kering. Ingat, jangan terlalu banyak makan kue kering. Anda mungkin harus menghitung sudah berapa buah kue kering yang Anda makan.(author: Arinda Veratamal)