D-ONENEWS.COM

Ini Daftar Jalan Yang Akan Dilebarkan PU Bina Marga

Surabaya (DOC) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jatim akan melakukan pelebaran beberapa ruas jalan provinsi dilakukan guna manambah kapasitas kendaraan. Tahun ini, sepanjang 63,15 km jalan sedang dalam tahap proses pembangunan.

Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan Jalan Dinas PU Bina Marga Jatim, Dwi Purtono ditemui di PU Bina Marga Jatim, Kamis (21/6) mengatakan, dari 63,15 km pembangunan pelebaran jalan tersebut, prosesnya saat ini masih dalam tahap lelang.

“Tahun ini memang tidak ada pembangunan jaringan jalan baru pada jalan provinsi. Yang ada proyek jalan baru di JLS (Jalan Lingkar Selatan, red) itu. Hanya proyek rekonstruksi dan pelebaran jalan saja,” ujar Dwi saat ditemui di ruang kerjanya.

Pelebaran jalan ini, menyebar di seluruh Jatim. Mulai dari Madura, Bojonegoro, Madiun dan Pacitan sampai Banyuwangi. Tersebar di 23 titik di seluruh Jatim. Namun yang mengalami pelebaran jalan ini diakui Dwi, tidak terlalu panjang. “Cuma kecil-kecil (pendek), ada yang 2 dan 4 km saja. Dan, sebagian besar penanganan pelebaran dilakukan pada persimpangan jalan,” ungkapnya.

Di Wilayah Legundi Sidoarjo misalnya, Dwi mengaku ada proyek pelebaran persimpangan sebidang di daerah tersebut. Kemudian juga pelebaran di batas Kota Surabaya, yang menghubungkan antara Jalan Mastrip dengan Legundi dan Driyorejo. Pelebaran ini untuk menambah kapasitas kendaraan pada jalan provinsi. Selain batas Kota Surabaya dengan Sidoarjo, pelebaran jalan juga dilakukan pada beberapa ruas jalan Sepanjang-Taman. Kemudian Jalan Pahlawan, Sidoarjo dan Legundi dengan batas Mojokerto.

Selanjutnya, Jalan Babat-batas Jombang, batas Kabupaten Mojokerto dengan Lamongan dan Jombang, batas Bojonegoro dengan provinsi Jateng, Serta batas Magetan dengan Madiun dan Ponorogo. Pelebaran jalan juga dilakukan pada batas Ponorogo dengan Pacitan, Guyangan-Simpang empat candi dan batas Nganjuk-Kota Kediri.

Beberapa ruas jalan batas Kota Batu-Kabupaten Kediri direncakan dilebarkan. Lalu Jalan Raya Cangar, Batu serta Jalan Kolonel Sugiono, Malang. Serta pelebaran di batas Bondowoso-Jember. “Belum mulai pembangunan, rata-rata baru teken kontrak. Sudah ada 80 persen yang melakukan teken kontrak,” ungkapnya.

Untuk anggaran, Dwi menyampaikan pagu sebesar Rp 353 milliar. Tapi itu bisa naik dan turun yang nanti dilakukan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tengah tahun. Tergantung pada besaran kontrak. Oleh karenanya, ia menargetkan sebelum pembahasan PAK sudah selesai seluruhnya penandatangan kontrak. (D02)

Loading...

baca juga