D-ONENEWS.COM

Ini Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Serentak Di Kabupaten Lumajang

foto : rapat pleno terbuka KPU Lumajang

Lumajang,(DOC) – Rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2018 digelar oleh KPU Lumajang di Gedung aula pertemuan Hotel Prima Lumajang, Kamis (5/7/2018).

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara di 21 Kecamatan se-kabupaten Lumajang, pasangan calon(Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1(satu), Khofifah Indar Parawansah – Emil Dardak meraih 302.072 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2(dua) Saifullah Yusuf(Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno mendapatkan 270.849 suara.

Total suara sah sebanyak 579.921 suara dan suara yang dinyatakan tidak sah mencapai 33.334 suara, dengan jumlah surat suara secara keseluruhan total sebanyak 606.255 lembar.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU juga merekap hasil perolehan suara pemilihan Bupati dan wakil Bupati Lumajang 27 Juni 2018 lalu.

Hasilnya, Paslon nomor urut 1(satu) memperoleh 246,555 suara, disusul pasangan nomer urut 2(dua), As’at – Thoriq yang mendapat 201.324 suara dan diposisi ketiga ditempati pasangan Rofiq-Nurul yang mendapatkan 132.527 suara.

“Alhamdulillah, rekapitulasi dan penetapan suara Pilgub Jatim dan Pilbup Lumajang 2018, yang dimulai sejak pagi dan hingga sore ini sudah selesai”,Terang, Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah, SE, melalui Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Lumajang, Muhammad Ridho Mujib, SE.

Rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jatim dan Pilkada Lumajang,  dihadiri Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah, SE, bersama komisioner lainnya, Ketua Bawaslu Lumajang, Ahmad Mujaddid MR, S.Pd, yang diundang beserta seluruh anggota Panwascam se-kabupaten Lumajang, para saksi masing-masing Paslon, perwakilan Partai Politik pengusung Paslon dan jajaran Forkopimda.

Dikesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Lumajang Ahmad Mujaddid MR, S.Pd, pihaknya menjelaskan, dalam rekapitulasi Pilgub memang ada sedikit kekeliruan dalam penulisan, namun sudah diklarifikasi dan diperbaiki dihadapan para saksi paslon Pilgub.

Sedang untuk rekapitulasi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, menurut dia, sejauh ini tidak ada permasalahan yang perlu dikhawatirkan, meskipun pihaknya sempat mengatakan ada sedikit catatan.

“Untuk rekapitulasi suara Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, tidak ada permasalahan meskipun dengan catatan – catatan, namun sejak rekapitulasi ditingkat kecamatan hingga ditingkat kabupaten tidak ada perubahan,” ujarnya.(mam/r7)

Loading...

baca juga