Internet Makin Canggih, Perang Seluler Memanas

Tidak ada komentar 186 views

Surabaya (DOC) – Berkembangnya teknologi internet disertai dengan meningkatnya para pengguna (user) dunia maya, membuat persaingan operator seluler kian sengit. Internet saat ini  menjadi pilihan menarik untuk mengenalkan beragam produk atau program terbaru dari mereka.

Pengamat Telematika, Abimayu Wahyu Hidayat membenarkan, dunia internet saat ini menjadi sasaran yang nyaman bagi semua operator seluler di tanah air. “Jadi wajar bila sejumlah operator berlomba-lomba mengejar konsumen dalam setiap layanan yang dikeluarkannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dikarenakan operator semakin banyak, maka persaingan antar operator seluler jadi kian cepat. “Mereka (operator seluler, red) tak butuh waktu lama untuk mengembangkan dan meluncurkan layanan atau produk baru,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Arinto Utama Regional Head East Java salah satu produk seluler. Menurutnya, kebutuhan masyarakat terhadap layanan internet akses data cepat semakin meningkat seiring dengan tuntutan peningkatan efisiensi dan produktivitas masing-masing individu yang dilandasi oleh kepentingan bisnis, profesionalitas, ataupun sekadar pemenuhan hobi.

Daniel Horan Chief Marketing salah satu perusahaan kartu seluler mengatakan, pihaknya melihat sebagian konsumen seluler Indonesia saat ini lebih banyak memilih berkomunikasi internet atau sms. Hal ini terlihat dari respon baik yang diberikan pelanggan internet produknya. “Dan kini kami menyempurnakan penawaran ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat akan layanan komunikasi seluler terjangkau,” paparnya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Harris Wijaya yang mengatakan, masyarakat semakin kritis melihat value dari suatu layanan operator seluler. Kini semua operator sudah menawarkan tarif yang relatif sama dan terjangkau namun perusahaannya yang mampu memberikan coverage dan kualitas jaringan yang paling berkualitas, ragam inovasi produk terdepan, serta pelayanan pelanggan prima,” tandas Harris. R10