Investasi Asing Ke Indonesia Naik 30 Persen

Tidak ada komentar 111 views

Surabaya,(DOC) – Dennis Hew Direktur Unit Kebijakan APEC mengatakan wilayah kawasan Asia Pasifik mencatat pertumbuhan investasi yang luar biasa. Negara Indonesia, Thailand dan Philipina berhasil menaikkan total investasi asing sebesar 30%.

” 30% kenaikan investasi asing di Indonesia dan negara lain di Asia Tenggara. Paling tinggi adalah Chili yang mampu menarik investasi asing ke negaranya dengan total 53% dari tahun lalu, “ ujarnya dalam penutupan APEC-Ministerial Responsible for Meeting (MRT) di Surabaya, Minggu(21/04/2013)

Hew mengatakan perdagangan antara negara anggota APEC berhasil membuat ekonomi Asia Pasifik tumbuh 4,1%, dimana ini melebihi pertumbuhan dunia yang hanya 3,2%.
Hal ini menurut Hew, telah menyelamatkan ekonomi negara-negara Asia Pasifik yang melambat akibat terpengaruh krisis ekonomi di beberapa negara Eropa.

“Tahun lalu perdagangan intra APEC tumbuh 3,9%. Kawasan lain hanya mampu mencapai 1,8%. Faktor inilah yang menjaga pertumbuhan ekonomi Asia Pasifik, ” kata Hew.

Selain dimotori oleh perdagangan intra negara APEC, Hew mengatakan pertumbuhan ekonomi Asia Pasifik juga didorong oleh investasi dan konsumsi domestik.

“ Di kawasan seperti Amerika Latin dan Asia Tenggara, sektor investasi dan konsumsi domestik justru menjadi penyumbang utama pertumbuhan. Ini menunjukan APEC adalah mesin baru pertumbuhan ekonomi dunia, ” tegasnya.(K8/R7)