ITS Beri Gelar Doktor Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Surabaya, (DOC) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan gelar doktor honoris causa kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Susi diberi gelar doktor dalam bidang pembangunan kelautan serta perikanan Indonesia.

Meski menjalani pendidikan terakhir di tingkat SMP, Susi dianggap memiliki kontribusi nyata dalam dunia kemaritiman Indonesia.

“Penganugerahan gelar doktor akan dilakukan pada puncak peringatan Dies Natalis ITS ke-57, 10 November mendatang,” kata Sekretaris ITS, Dr Agnes Tuti Rumiati, Kamis (12/10/2017).

Gelar doktor ini merupakan bentuk apresiasi ITS kepada Susi karena jasanya dalam membuka perspektif ITS terkait urgensi dunia kemaritiman.

“Sebenarnya gelar doktor ini usulan dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) kepada Senat Akademik ITS sejak tahun lalu,” kata dosen statistika tersebut.

Telaah penganugerahan sudah selesai pada April 2017. Agnes mengatakan, pengkajian pemberian gelar doktor honoris causa untuk Menteri Susi Pudjiastuti memakan waktu cukup lama serta melalui prosedur ketat.

ITS menilai, gelar ini pantas disandang oleh Susi yang telah berhasil mengantongi sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9. Standar KKNI Level 9 ini setara dengan Doktor atau S3.

“Apalagi Bu Susi juga merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) ITS,” ucapnya.

Pada sidang penganugerahan nanti, Susi akan dipromotori oleh Prof Semin ST MT PhD, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc serta Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD sebagai co-promotor.

Pada Desember 2016, Susi pernah mendapat gelar honoris causa dari Universitas Diponegoro Semarang. Namun, ia menolak dipanggil sebagai doktor honoris causa.(kcm/ziz)

Tag: