Jakarta Butuh Banyak Bandara

Tidak ada komentar 76 views

Jakarta, (DOC) – Seiring pertumbuhan perkapita masyarakat Indonesia yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, membuat transportasi udara menjadi angkutan favorit bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan bisnis dan berwisata. Oleh karena itu, khususnya di Jakarta dibutuhkan lebih dari satu Bandara.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, Kementerian Perhubungan menilai kota metropolitan seperti Jakarta sudah seharusnya memiliki bandara Internasional lebih dari satu. Hal tersebut perlu dilakukan seiring pertumbuhan jumlah penumpang dan pesawat terus meningkat setiap tahunnya.

“Kota sebesar Jakarta sudah harus memiliki lebih dari 1 airport. Multiply airport system. Kita harus ke sana. Supaya jangan terlambat lagi. Misalnya Tokyo punya Haneda dan Narita,” kata Bambang di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (6/12/2012).

Bambang menuturkan pihaknya tengah menyeleksi lokasi di sebelah timur Jakarta untuk mendirikan satu bandara lagi di Jakarta. Alasan dipilihnya lokasi di wilayah timur bertujuan untuk memecah konsentrasi kepadatan lalu lintas ke arah barat (Cengkareng).

“Sekarang ke Cengkareng semua. Nanti kalo di barat dan timur dua-duanya internasional, nanti tinggal orangnya saja di mana tinggal. Milih yang mana lebih efisien,” tuturnya.

Bambang menambahkan saat ini Kementerian Perhubungan tengah melakukan kerjasama dengan institusi asing dan lokal untuk mengolah sumber daya manusia yang nantinya diperuntukan mengelola bandara baru tersebut.

“Untuk percepatan test program untuk beberapa keahlian mengelola bandara dan pelabuhan,” pungkasnya. (co/r4)