Jalan Nasional Di Jatim Siap Digunakan Untuk Mudik

Tidak ada komentar 29 views

Surabaya,(DOC) – Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Kementerian PUPR menyatakan secara umum jalan nasional di Jawa Timur kondisinya baik dan layak untuk dilintasi pemudik. Bahkan pengerjaan perbaikan dan pembangunan jalan dilapangan akan dihentikan sejak H-14 sebelum lebaran.

Hal ini dikatakan oleh Kepala BBPJN VIII Surabaya, I Ketut Darmawahana saat jumpa pers kesiapan infratruktur jalan nasional di Jawa Timur menghadapi mudik lebaran 2017di kantor BBPJN VIII, Selasa (30/05/2017).

I Ketut Darmawahan menjelaskan, jalan nasional di Jatim untuk arus mudik tahun ini sudah diperbaiki tinggal pembenahan seperti, perbaikan lubang di beberapa ruas jalan nasional sehingga H-14 kegiatan perbaikan sudah dihentikan.

“Namun, apabila saat arus mudik tedapat jalan rusak atau berlubang pihaknya sudah menyiapkan bahan untuk material jalan mulai, sak semen yang digunakan untuk Tambalan Cepat Mantap atau TCM di setiap pejabat pembuat komitmen dan satuan kerja di Jatim.”ujarnya kepada wartawan di kantor BBPJN VIII hari ini, Selasa (30/05/17).

Ia menambahkan, sistem kerja TCM ini apabila terdapat lubang langsung dikerjakan saat itu juga. Bahan TCM, kata Ketut, sudah disiapkan oleh BBPJN yang akan mulai didistribusikan ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dimana minimal 50 sak bahan material jalan yang dibagikan saat ada lubang saja dan tidak lubang maka tidak dipakai.

I Ketut juga mengatakan, pihak BBPJN VIII juga akan menyiapkan 26 posko diakses jalan nasional yang dibuka selama 24 jam. Dan di posko nanti disiapkan juga tempat istirahat pemudik, serta didalam posko juga disiapkan alat berat mulai Dump Truck, Crane Truck, Wheel Loader.

Sementara itu PPK Surabaya-Gresik-Sadang, Herlambang Zulfikar mengatakan, untuk kondisi jalan nasional mulai Manyar-Gresik sudah siap dilalui untuk lebaran tahun ini. “Apabila masih terdapat lubang pihaknya akan terus melakukan perbaikan, sehingga saat H-14 tidak ada lagi perbaikan jalan di wilayah Gresik dan Kalianak.”ungkapnya. (tris/r7)