Jalani 11 Tahun Hukuman, Ternyata Tak Bersalah

Tidak ada komentar 111 views

Cina, (DOC) – Seorang pria Cina yang telah menjalani hukuman 11 tahun dari vonis seumur hidup yang dijalaninya, mendapat kompensasi dari negaranya sebesar 825.000 Yuan atau sebesar USD 131.000, minggu ini. Dia dihukum karena terbukti bersalah melakukan penipuan cek.
Pihak Mahkamah Provinsi Guangdong, memberikan garansi selama 39 tahun untuk pria bernama Huang Liyi. Ini karena kebebasannya telah dirampas. Bahkan dia telah mendapat tekanan psikologis dan emosional atas hukumannya.
Seperti diungkapkan kuasa hukum Huang Liyi, Yang Xuelin, uang kompensasi yang diberikan negara Cina itu sudah diterima Huang LIyi pada Senin lalu.
Informasinya, Huang yang terbukti bersalah melakukan penipuan cek, ditangkap pada 1999. Dia divonis penjara seumur hidup. Namun pada 2010, setelah 11 tahun menjalani hukumannya, dia dibebaskan dari penjara karena bukti menunjukan dia tak bersalah.
Sementara kompensasi dana yang dibayar negara itu dihitung berdasarkan upah harian rata-rata untuk pekerja perkotaan dari sektor non-swasta. Upah harian rata-rata tersebut sebesar 162,65 Yuan atau USD 26.
Hukuman di Cina itu sangat keras. Dalam sistem hukum di Cina, jika ada seorang yang diyakini bersalah, maka akan ditekan dengan kekerasan untuk mengakui kesalahan itu. Bahkan ada dua kasus pembunuhan tingkat tinggi, jika pelaku yang dihukum karena kejahatannya, ternyata belakangan diketahui korbannya masih hidup. (yh/r4)