Jalin Hubungan Ayah dan Anak dengan Baik, Bisa Menentukan Kecerdasan Anak

hubungan ayah dan anak

Jakarta, (DOC) – Tidak hanya hubungan ibu dan anak yang penting untuk dijalin dengan baik, tapi hubungan ayah dan anak pun penting. Hal ini pun telah dibuktikan oleh berbagai macam penelitian. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara ayah dan anak yang terjalin dengan baik berperan dalam mendukung perkembangan anak di aspek akademik dan sosial.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ikatan solid antara ayah dan anak sejak masa kanak-kanak dapat membuat anak lebih tahan terjadap stres.

Keterlibatan ayah dalam kehidupan anak sejak kecil dapat membantu membangun karakter anak yang mudah bergaul, percaya diri, dan berani, serta memiliki emosional yang lebih stabil.

Sebaiknya hubungan ayah dan anak ini dijalin sejak kecil, bukan hanya untuk anak laki-laki saja tapi juga anak perempuan.

Sebuah penelitian dari Universitas Oxford membuktikan bahwa keterlibatan ayah dalam kehidupan anak laki-lakinya dapat mencegah anak melakukan tindakan negatif. Anak laki-laki menjadikan ayah sebagai panutan dalam kehidupannya. Sehingga, hal ini akan memengaruhi karakter dan emosional anak.

Sedangkan, menurut penelitian dari Universitas Vanderbilt di Amerika Serikat, hubungan ayah dan anak perempuan yang terjalin dengan baik dapat mencegah anak dari pubertas dini. Selain itu, hal ini juga membantu perkembangan mental anak perempuan dan membuat anak perempuan lebih percaya diri dalam menghadapi kehidupannya. (and)