D-ONENEWS.COM

Jalur Mudik di Jatim Memprihatinkan

image


Surabaya,(DOC) – Bagi anda pemudik di Jawa Timur, anda harus hati-hati jika melewati jalur jalan kabupaten kota. Sebab jalur jalan kabupaten kota rata rata tidak terawat berlobang dan bergelombang. Ini dikatakan anggota Komisi D DPRD Jatim Ahmad Hadinuddin saat ditanya kesiapan jalur mudik di Jatim.
“Dari hasil sidak dilapangan saya justru prihatin dengan kondisi jalan kabupaten kota yang rata rata mengkhawatirkan. Banyak jalan yang rusak. Karenanya saya minta pemudik berhati hati dengan jalur jalan kabupaten kota,” ungkap Hadinuddin, Kamis(23/06/2016).
Jika jalur jalan kabupaten kota banyak yang rusak, untuk jalur mudik jalan propinsi dan nasional kata Hadi sudah siap 90 %, Pihak PU Binamarga Jatim dan juga BPJN V sudah melakukan persiapan sehingga khusus jalan nasional dan propinsi tinggal beberapa yang dikakukan perbaikan.
“Secara keseluruhan jalur jalan propinsi dan nasional sudah siap 90%, meski ada beberapa yang sedang diperbaiki seperti jalur Probolinggo – Banyuwangi dan jalur Tuban – Bojonegoro. Kita targetkan H -7 sudah bisa diselesaikan. Untuk Jembatan yang perlu diwaspadai adalah jembatan di daerah Situbondo yang hanya bisa dilewati setengah jalur. Tapi nanti akan ada petugas yang mengatur,” Lanjut politisi dari Gerindra ini.
Khusus jalur Kereta Api, kata Hadinudin sudah siap 100%.
Hadinuddin juga menegaskan komisi D meminta kepada pihak DLLAJ-Dishub Jatim agar benar benar melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum harus 100% sehat.
“Kami minta pengecekan kendaraan tidak boleh sampling, tapi harus semuanya dicek. Sopir harus melakukan tes urine dan kesehatan. Juga tiap bus ada sopir pengganti untuk jalur panjang. Pokoknya harus mengutamakan keselamatan penumpang. sesuai program nya Zero accident,” pungkasnya.(ang/r7)

Loading...