Jamaah Haji Indonesia Meninggal Capai 152 Orang

 Featured, Info Haji

MAKKAH DOC- sebanyak 152 orang jamaah haji asal Indonesia meninggal dunia hingga Hari ke-2 pelaksanaan Tasrik atau hari ke-2 melempar jumroh di Mina.
Jemaah Haji yang meninggal tersebut sebagian jamaah yang berusia lanjut dan jamaah yang mengidap penyakit jantung, kekurangan cairan hingga sistem sirkulasi.
“Mereka yang meninggal, terdiri dari Mina sembilan orang dan Arafah enam orang. Sedangkan di Makkah mencapai 115 orang,” kata Kepala seksi sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat), Erwin Yulistiawan, Minggu (28/10/2012).

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Mina, Tjetjep Ali Akbar mengatakan, sejauh ini jumlah tenaga medis, ketersedian obat dan ambulan masih mencukupi. “Ada tiga dokter spesialis, satu dokter umum, perawat tiga dan apoteker satu,” ungkapnya.

Hingga kini, tim medis masih terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah. Jika pihaknya tidak mampu, maka akan di rujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi.

Menurut Tjetjep, kunjungan pasien ke BPHI Mina sampai hari ini mencapai 476 orang. “Mereka yang di rawat inap ada 41 jamaah, dan di rujuk di Rumah sakit Arab Saudi sebanyak 29 orang,” imbuhnya.(R-7)