Jamaah Umroh Sebaiknya Hindari Unta

Tidak ada komentar 220 views

Surabaya, (DOC) – Virus MERS sedang mewabah di beberapa wilayah Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Virus yang kepanjangan dari Middle East Respiratory Syndrome (MERS) ini dikabarkan sudah menimbulkan sekitar 112 korban jiwa. Diketahui virus yang juga dikenal dengan Flu Onta atau Flu Arab tersebut mulai menyebar pada September 2012.
Untuk mencegah agar tak tertular penyakit berbahaya tersebut, maka jama’ah umroh atau masyarakat yang hendak bepergian ke wilayah Arab Saudi maupun wilayah Timur Tengah lainnya disarankan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan sebelum dan sesudah berangkat.
“Sebelum seseorang melakukan perjalanan, dianjurkan melakukan pemeriksaan kesehatan, melakukan vaksinasi yang dianjurkan, tidak dianjurkan berangkat bila telah dalam kondisi sakit sebelum berangkat atau mempunyai penyakit kronis yang tidak terkontrol,” terang Ketua IDI, Zaenal Abidin dilansir oleh Merdeka.
Selain itu, saat telah berada di Arab Saudi mereka disarankan untuk memakai masker dan menghindari orang yang mengalami gejala penyakit flu, bersin, dan batuk. Kebersihan diri seperti rajin mencuci tangan, juga harus selalu dijaga.
Juga, ada baiknya jama’ah tak berdekatan dengan onta, atau bahkan mengonsumsi susu onta yang biasanya dijual belikan di sana. Ini adalah langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh jama’ah umroh agar tak tertular virus yang konon sejenis dengan SARS yang pernah melanda kawasan Asia beberapa tahun lalu.
Tak lupa, menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi tinggi dengan vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga sangat penting. Daya tahan tubuh yang baik akan menghindarkan dari serangan berbagai macam penyakit termasuk yang diakibatkan oleh virus MERS. (sdm/r4)