Jangan Buang Kulit Semangka, Jeruk dan Daun Brokoli

Tidak ada komentar 179 views

Surabaya, (DOC) – Daun brokoli biasanya Anda buang? Sebaiknya kini jangan lagi membuang daun brokoli, atau kulit bawang bombay, juga kulit semangka. Berbagai jenis kulit dan daun itu ternyata mengandung manfaat dan gizi yang banyak.
Campurkan saja dalam masakan Anda, untuk menambah gizi di dalamnya. Rasanya juga enak, kok.
Gak percaya? Simak manfaat berbagai jenis bahan yang Anda buang itu di bawah ini:
1. Daun brokoli. Tak hanya brokolinya saja yang mengandung banyak nutrisi, namun dalam daunnya terdapat vitamin A yang tinggi. Campurkan daun brokoli ke dalam sayuran Anda, dan kesehatan mata akan lebih terjaga.
2. Kulit semangka. Kulit semangka bagian dalam dapat Anda konsumsi dan bermanfaat melebarkan pembuluh darah. Ada senyawa citrulline didalamnya, juga antioksidan yang baik untuk kesehatan. Olah menjadi jus bersama dengan daging buahnya, dan Anda bisa dapatkan manfaat yang positif dari kulit semangka.
3. Kulit jeruk. Pada kulit jeruk ada serat, flavonoid (anti-kanker), anti-diabetes, serta anti peradangan. Jangan buang kulit jeruk Anda, namun pilih cara mengonsumsinya dengan mencampurkan di dalam teh panas, coklat panas, atau sirup. Potong kecil agar memudahkan Anda memperoleh khasiatnya.
4. Kulit bombay bawang. Ini juga sering dibuang dengan begitu saja. Padahal jika Anda campurkan dalam sup, maka ada senyawa bernama quercetin yang bermanfaat menurunkan tekanan darah serta mencegah plak di pembuluh arteri Anda. Tak perlu memakan kulit bombay ini, cukup campurkan dalam masakan, dan buang setelah matang. (sdm/r4)