Jangan Lakukan Ini Usai Makan Besar

Tidak ada komentar 27 views

Jakarta (DOC) – Apa yang Anda lakukan setelah makan? Ada yang merokok, melanjutkan dengan makan buah, atau sesudah sarapan memilih langsung mandi. Ada juga yang bahkan langsung mencari tempat untuk selonjoran, agar bisa tidur sebentar.

Tahukah Anda bahwa kegiatan yang dilakukan setelah makan tersebut tidak dianjurkan? Anda bahkan harus menghindarinya.

Berikut lima alasan Anda harus menghindari kegiatan tersebut setelah makan, seperti dikutip dari situs Health XChange Singapore :

Tidur
Boleh-boleh saja jika mau tidur setelah makan, tapi sebaiknya tunggu dulu selama satu atau dua jam. Beri waktu untuk tubuh mencerna semua makanan tersebut. Lagipula, memangnya nyaman tidur setelah makan?

Merokok
Merokok setelah makan setara dengan merokok 10 batang. Terkait benar atau tidak, pada dasarnya merokok tidak baik buat kesehatan.

Mandi
Mandi setelah makan tidak baik untuk pencernaan. Makanya, tidak sedikit yang merasa sulit buang air besar saat mandi tak lama setelah makan.

Sebab, darah di sekitar perut mengalir ke bagian tubuh lain selama mandi, bukannya membantu kerja pencernaan.

 

Makan Buah
Beda makanan, beda pula cara tubuh mencernanya. Dianjurkan, makanlah buah terlebih dahulu sebelum makan besar. Paling tidak, satu jam sebelum makan.

Buah paling mudah dicerna oleh tubuh. Buah-buahan tidak akan dicerna dengan baik jika Anda menyantapnya setelah makan.

Minum Teh
Teh memiliki sifat asam dan akan memengaruhi proses pencernaan. Jika Anda mengonsumsi protein, asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein sehingga sulit untuk dicerna.

Harus dipahami bahwa minum teh setelah makan akan mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. (D02)

Tag: