Jangan Risaukan Sariawan

Tidak ada komentar 191 views

Surabaya, (DOC) – Sariawan adalah penyakit yang sebaiknya tidak direspons secara berlebihan dalam pengobatannya. Menurut DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM, penyakit ini sebenarnya mampu dilawan secara alami oleh tubuh dan bisa sembuh sendiri. Penggunaan obat kimia tidak menjamin kesembuhan secara permanen karena sariawan memang tidak ada obatnya dan dapat muncul kembali.
“Tidak ada obat yang menyembuhkan dan membuat sariawan tidak muncul kembali. Yang ada obat untuk meringankan saat sakit. Itupun tidak menjamin untuk tidak kambuh lagi,” kata drg Harum yang juga ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, seperti dikutip situs Liputan6.
Penggunaan obat kimia untuk sariawan perlu diwaspadai. Pasalnya, jika obat tersebut tidak cocok dapat menimbulkan masalah kronis pada sariawan. Tidak ada jaminan obat ini bakal aman dalam pemakaiannya. Dan, obat tersebut bahkan bisa merusak jaringan kulit hingga memunculkan iritasi.
“Bila obat tidak tepat, sariawan dapat menyebabkan komplikasi yang penyembuhannya lebih sulit daripada yang biasa. Selain itu, bila sudah kronis, perawatan harus lebih insentif dan penyembuhannya jauh lebih lama dari sariawan biasa yang bisa sembuh sendiri maksimal 10 hari,” terang drg Harum.
Sariawan, atau yang dikenal dengan Stomatitis Aphtosa Recurrent (SAR), tidak perlu diperangi dengan bahan-bahan nonalami. Pada saat kondisinya kronis akibat pemakaian obat kimia, dikhawatirkan justru menjadikan kondisi penyakit menuju tahap pra-kanker yang bisa berlanjut pada kanker mulut. Jadi usahakan kesembuhan kanker dengan menguatkan imunitas tubuh. (sdm/r4)