Jangan Sembarangan Mengolah Makanan Beku!

Tidak ada komentar 11 views

makanan beku

Jakarta, (DOC) – Jaman sekarang, Anda mungkin tidak perlu repot-repot ke pasar setiap hari. Adanya kulkas membuat Anda bisa menyimpan bahan makanan dalam waktu lebih lama. Apalagi jika makanan ditaruh di freezer (dalam keadaan beku). Namun, jangan sembarangan jika ingin mengolah makanan beku. Salah-salah, ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Makanan beku tidak bisa langsung dimasak begitu saja. Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencairkan makanan beku:

  • Simpan makanan beku di kulkas seharian. Sebelum mengolah makanan beku, sebaiknya pindahkan makanan beku dari freezer ke kulkas (refrigerator) yang mempunyai suhu lebih tinggi. Misalnya saja, jika ingin memasak daging beku besok, sebaiknya pindahkan daging beku ke bawah freezer (kulkas) hari ini. Agar besok daging tidak beku lagi ketika ingin dimasak. Ingat, letakkan daging beku di rak bawah kulkas agar cairan daging penuh bakteri tidak mengenai makanan lainnya.
  • Rendam di air dingin. Makanan beku bisa dibungkus di dalam plastik yang tertutup rapat, sehingga bakteri tidak ada yang masuk. Kemudian, rendam plastik tersebut di mangkok yang berisi air dingin. Diamkan sampai makanan beku mencair sepenuhnya.
  • Taruh makanan beku di air mengalir. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mencairkan makanan. Namun, pastikan air yang digunakan adalah air bersih. Setelah makanan tidak beku lagi, sebaiknya langsung memasak makanan. Jangan membiarkan makanan di suhu ruang karena dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam makanan.
  • Mencairkan makanan beku dengan microwave. Metode ini bisa Anda coba jika Anda sedang buru-buru memasak. Namun, microwave ini hanya untuk mencairkan. Makanan beku yang sudah cair dari microwave harus segera dimasak.

Makanan beku yang sudah cair tidak boleh Anda bekukan kembali di freezer. Jadi, sebaiknya ambil makanan beku dari freezer seperlunya saja agar tidak ada sisa. (and)