Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2019

Tidak ada komentar 199 views

Surabaya (DOC) – Jatim siap menjadi tuan rumah Asian Games (AG)2019 baik dari sarana pertandingan maupun fasilitas lainnya, seperti lapangan sepakbola dan hotel.

Kesiapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dalam paparan di depan Wakil Presiden OCA Letnan Jenderal Syed Arif Hasan di Hotel JW.Mariot Surabaya Selasa ( 2/10) malam.

“Jatim siap menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Jatim mempunyai sarana olahraga dan venue yang lengkap dan hotel berbintang disamping pelabuhan dan bandara bertaraf Internasional,” Kata Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim ini.

Gus Ipul mengatakan, masyarakat Jatim yang ramah dan gemar berolah raga sangat mendukung gelar event olahraga Internasional. Bahkan Jatim mempunyai komitmen untuk melengkapi gedung venue olahraga yang telah ada.

“Kami mempunyai komitmen untuk melengkapi gedung venue olahraga yang telah ada untuk mendukung suksesnya event olahraga Internasional ini,” katanya

Jatim juga kaya tempat wisata seperti wisata pegunungan, ada Gunung Bromo, wisata pantai dan tempat wisata lainnya. Sehingga atlet yang usai bertanding bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat tersebut.

Saat menemui Gus Ipul, delegasi OCA yang dipimpin Letnan Jenderal Syed Arif Hasan bersama delegasi dua perwakilan OCA, yakni Direktur Hubungan Internasional & NOC OCA, Vinod Kumar Tiwari dan anggota Komite Atlet Mohamad Tayyab, didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI)Rita Subowo mengatakan, yang menjadi permasalahan saat ini adalah memastikan sejauh mana pemerintah serius mendukung event tersebut.

“Saat ini kami sudah melakukan lobi-lobi ke Negara-negara OCA lainnya untuk ikut mendukung pelaksanaan Asian Games di Jatim. Yang terpenting adalah keseriusan dukungan pemerintah,” ujarnya.

Rita mengungkapkan, saat ini pesaing terkuat adalah negara Vietnam hingga Perdana Menteri mereka turun tangan untuk mensukseskan pemilihan agar dipilih menjadi negara penyelenggara. Untuk itu, pemerintah juga harus serius mempersiapkan diri, karena yang dinilai adalah “quality of the game”-nya.

“Kawasan Asia Tenggara sudah lama tidak menjadi tuan rumah Asian Games, dalam tiga pelaksanaan terakhir, semua digelar di kawasan Asia Timur, jadi peluang kita dan Vietnam sangat besar. Terakhir kali Asian Games dilaksanakan di Asia Tenggara pada 1998 lalu di Bangkok, Thailand,” ucap Rita.

Sementara itu, Wakil Presiden OCA Letnan Jenderal Syed Arif Hasan menjelaskan, kedatangan mereka di Jatim bertujuan mendengarkan paparan kesiapan propinsi menjadi tuan rumah Asian Games 2019 yang akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam menghadapi bursa pencalonan. Rombongan kemudian meninjau langsung venue-venue pertandingan yang akan digunakan. (red)