Jelang Musim Masuk Sekolah, UMKM Konveksi Kebanjiran Order Seragam Empat Kali Lipat

foto : pekerja UMKM konveksi di Dupak Bangunrejo

Surabaya,(DOC) – Mendekati tahun ajaran baru siswa masuk sekolah, para pengusaha UMKM konveksi seragam di Surabaya kebanjiran order.

Pesanan seragam sekolah ini, kenaikkannya tak tanggung-tangung sampai 4 kali lipat dibanding hari biasa.

Order sergam ini, bukan hanya datang dari Surabaya saja, namun juga dari luar pulau, mulai dari Madura, Kupang, NTT hingga Sampit, Kalimantan Tengah.

Syahroni, salah satu  pengusaha UMKM Konveksi seragam sekolah di kawasan Dupak Bangunrejo Surabaya, menyatakan, dalam sehari order seragam mencapai 400 steel untuk berbagai varian ukuran.

Ia mengaku tak kualahan untuk memenuhi pesanan seragam yang selalau berlangsung disetiap musim siswa masuk sekolah.

“Ya harus dipenuhi. Sekarang saya sudah memperkerjakan warga sekitar untuk memenuhi pesanan seragam, ada 16 orang warga yang telah menjadi karyawan,” kata Syahroni, Senin(9/7/2018).

Meningkatnya pesanan ini, nampaknya tak sebanding dengan harga bahan baku dan biaya produksi yang tiap tahunnya mengalami kenaikan.

Syahroni mengungkapkan, agar keuntungannya tak berkurang, maka harga seragam produksinya, terpaksa di naikkan.

“Naiknya sekitar Rp. 3.000, per-seragam. Ini karena biaya produksi dan harga bahan baku mengalami kenaikan setiap tahunnya, ya gimana lagi,” ungkapnya.

Satu stell seragam sekolah, lanjut Syahroni, dijual dengan bervariasi yakni untuk baju seragam dihargai Rp. 35.000,- sampai Rp. 40.000, per-potong, dan untuk celananya dibandrol antara Rp. 60.000,- sampai Rp. 90.000, per potong.

“Selain Surabaya, Pengiriman rata-rata ke luar pulau yang paling banyak orderannya,” pungkasnya.(hadi/r7)