Jemaah Haji Surabaya Kloter Pertama Banyak Mengidap Penyakit ISPA

Jemaah Haji kloter pertama Debarkasi Surabaya diperiksa kesehatannya dengan alat body termal scanner

Surabaya,(DOC) – Ratusan jemaah Haji debarkasih Surabaya kloter pertama yang tiba di Asrama Haji Sukolilo, Jumat(8/9/2017) hari ini, langsung menjalani pemeriksaan kesehatan suhu tubuh menggunakan alat body termal scanner.

Pemeriksaan yang digelar di Hall Mina Asrama Haji Sukolilo, bertujuan untuk mendeteksi penyakit atau virus yang kemungkinan dibawa dari Arab Saudi, selama menjalankan ibadah.

Tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Perak akan meng-karantina jemaah haji yang ditemukan suhu badannya melebih 38 derajat.

“Hasil pemeriksaan, banyak yang menderita infeksi saluran pernafasan(ISPA), karena cuaca panas dan kelelahan. Rata-rata para jemaah haji ini mengalami radang tenggorokan. Kita rawat diklinik dulu sebelum pulang,”  papar Budi Hidayat, Kepala KKP Tanjung Perak Surabaya.

Sebanyak 450 Jemaah Haji Debarkasih Surabaya yang kembali pada kloter pertama ini, hanya 447 jemaah yang pulang tepat waktu.

Informasi petugas haji, 3 Jemaah Haji kloter pertama yang belum pulang, satu orang diantaranya pulang lebih awal karena sakit dan dua orang jemaah lainnya kembali bersama kloter berikutnya.(hd/r7)