Jembatan Ampera Palembang Retak 6.000 Titik, Rawan Ambruk

Palembang (DOC) – Jembatan Ampera di Palembang diketahui mengalami keretakan. Keretakan diketahui terjadi pada plat lantainya. Keretakan diketahui menyebar di 6.000 titik berdasarkan hasil pengecekan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V.

Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Metropolitan BBPJN Wilayah V, Selasa (22/5/2018) mengatakan, keretakan pada bagian plat lantai jembatan ini sejatinya tidak menimbulkan masalah bagi struktur jembatan.

Hanya saja, ia tak menyangkal jika tidak segera diperbaiki maka plat lantai jembatan bisa jebol dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya.

Ia mengatakan, ausnya plat itu karena faktor usia mengingat sudah terjadi sejak dua tahun terakhir.

“Beratnya beban yang ditahan jembatan ini juga berpengaruh menyebabkan cepat aus,” kata dia.

Ia mengatakan, terkait retaknya plat ini dilakukan perbaikan setiap empat tahun sekali.

Pada 2014 lalu terdata terdapat sekitar 24.000 titik di plat lantai jembatan Ampera yang mengalami retak. Namun sudah diperbaiki. Begitupun pada 2010 lalu, dimana terjadi keretakan pada plat lantai jembatan karena terjadinya kebakaran di Kelurahan 10 Ulu Palembang.

“Sekarang pun akan kita ambil langkah cepat. Perbaikan berupa proses injeksi anti gravitasi di bagian plat lantai jembatan,” kata dia.

Proses injeksi ini dilakukan dengan penyuntikan semen khusus plat jembatan dari bagian bawah jembatan. Namun penyuntikan itu akan dilakukan seusai pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Hal itu karena BBPJN saat in fokus pada perbaikan dan pembenahan bagian atas jembatan Ampera.

“Perbaikan plat lantai jembatan ini memakan waktu sekitar 3 bulan. Meski begitu, biayanya cukup besar yakni sekitar Rp8 miliar. Tahun ini kami mendapat alokasi anggaran perbaikan jembatan Ampera sekitar Rp17 miliar, dan ini sudah termasuk perbaikan di atas dan bawah jembatan,” kata dia.

“Perbaikan plat lantai ini akan selesai di Desember 2018 ini,” kata dia.

Terkait dengan perbaikan di bagian atas jembatan Ampera, Suwarno menuturkan saat ini sudah dalam proses pembongkaran trotoar sebelah kanan (menuju Ulu Palembang), dan selanjutnya akan dipasang granit di trotoar tersebut.(ara/ziz)