Jembatan Kartini Yang Ambles Dirobohkan, Warga Anggap Pemkot Lalai

Foto : kondisi jembatan Kartini yang ambles saat hendak di robohkan

Surabaya,(DOC) – Dinas PU Bina Marga dan Pematusan kota Surabaya, mendatangkan sebuah buldozer untuk menghancurkan jembatan jalan Kartini yang ambrol sejak Sabtu(10/3/2018) lusa kemarin.
Berdasarkan keterangan warga setempat, jembatan Kartini ini ambrol setelah hujan lebat dan banjir menggenangi kawasan tersebut, Sabtu(10/3/2018) malam. Semenjak itu, akses lalu lintas di alihkan.
“Jumat sudah ada tanda akan ambles kondisi jembatan sisi utara. Terus banjir dan warga lapor kemudian ditutup,” ungkap salah satu warga Wito, saat dilokasi, Senin(12/3/2018).
Meski penanganannya cepat, namun warga sedikit menyesalkan atas kelalaian Pemkot yang tidak memperhatikan kondisi kontruksi jembatan Kartini selama ini.
“Dulu ada pengerjaan, saya pikir membenahi jembatan, tapi sekarang kok ambles,” katanya.
Sementara itu petugas DPU Bina Marga dan Pematusan Pemkot Surabaya menjelaskan, jembatan ini ditutup dan akan dibongkar untuk diperbaiki lagi. Jembatan ini sudah tua usianya dan belum pernah di perbaiki.
“Hanya di aspal jalannya saja. Usianya sudah puluhan tahun,” ungkap Junto salah saty petugas DPU Bina Marga saat di lokasi,Senin(12/3/2018).
Sebelumnya sisi kiri dan kanan jembatan sempat dibongkar dan di perbaiki lagi untuk para pejalan kaki. Namun pengerjaan itu bukan untuk membenahi kontruksi jembatan.
“Itu pekerjaan saluran pematusan. Jembatannya belum pernah di perbaiki,” pungkasnya.
Amblesnya jembatan Kartini ini, nampaknya juga menarik perhatian Kapolrestabes kota Surabaya, yang meninjau lokasi, Senin(12/3/2018) pagi.(rob/r7)