D-ONENEWS.COM

Jokowi Janjikan Kursi PNS Bagi Atlet SEA Games

Para atlet SEA Games saat berada di Istana Negara.

 
Jakarta, (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan masa depan cerah bagi para atlet South East ASEAN (SEA) Games. Selain mendapatkan bonus uang, para atlet juga bakal diangkat jadi PNS (pegawai negeri sipil).
“Sesuai arahan Bapak Presiden, bonus tidak harus berupa uang saja tetapi harus ada stimulan yang lain. Seperti halnya kami sudah berbicara dengan Menteri PAN RB, bahwa peraih medali emas nanti akan dipromosikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (7/8/2017).
Imam akan berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur untuk mewujudkan bentuk bonus atlet ini. Bahkan ada wacana pula, atlet yang berhasil meraih emas SEA Games bakal dihadiahi rumah. Namun untuk yang terakhir ini masih berupa wacana.
“Kami sudah berbicara dengan menteri PUPR agar ada fasilitas perumahan bagi peraih medali. Tentu ini lompatan baru yang disiapkan pemerintah. Kita akan melihat lebih lanjut dengan Kementerian PUPR,” kata Imam.
Ada pula wacana untuk menggandeng BUMN, agar atlet yang berprestasi bisa direkrut sebagai pegawai BUMN nantinya.
“Sehingga masa depan atlet betul-betul terjamin,” kata Imam.
Yang pasti, bonus uang akan diberikan Kemenpora untuk para atlet berprestasi. Imam tak merinci anggaran untuk bonus atlet ini.
“Kalau uang tunai sudah pasti, meskipun anggarannya harus kita rasionalisasi kembali,” kata Imam.
SEA Games XXIX akan digelar di Kuala Lumpur, dibuka resmi pada 19 Agustus sampai 30 Agustus 2017. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan, ada 870 orang dari Indonesia yang berangkat ke SEA Games XXIX, terdiri dari 533 atlet, 170 pelatih dan manajer, 55 pimpinan, dan 122 orang peserta mandiri.
SEA Games XXIX mempertandingkan 38 cabang olahraga dan memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, dan 529 medali perunggu. Indonesia ikut dalam 37 cabang olahraga. Target Indonesia kali ini adalah meraih 55 medali emas dan 95 perak dari 30 cabang olahraga.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga