Juanda Dibuka

Tidak ada komentar 175 views

Surabaya, (DOC) – Sampai siang ini, Sabtu (15/2/2014), aktivitas Bandara Juanda masih belum berlangsung. Penerbangan pun masih ditutup. Padahal direncanakan, siang ini dibuka seiring adanya hujan yang mengguyur pada malam hari. Namun karena kondisi masih belum memungkinkan, terjadi lagi penundaan aktivitas penerbangan.
Menurut Humas Manager PT Angkasa Pura II Juanda, Andreas, sesuai koordinasi yang dilakukan antara Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Otoritas Bandara, Air Nav Indonesia (ATC) dan operato penerbangan, maka disepakati Bandara Juanda akan dibuka pukul 18.01.
“Ini sudah disepakati bersama setelah bekas abu Gunung Kelud bersih karena hujan dan dibersihkan petugas. Namun tetap akan melihat kondisi di lapangan, jika abu Gunung Kelud masih turun, tak menutup kemungkinan akan ditutup lagi,” ujar Andreas yang meyakini jika sejak Minggu (16/2/2014) pagi, aktivitas Bandara Juanda sudah normal kembali.
Hanya saja, diakui Andreas, sampai siang ini masih banyak antrean penumpang di Bandara Juanda. Namun dengan kondisi seperti itu, banyak maskapai penerbangan yang membuka peluang calon penumpangnya untuk bisa menukarkan tiketnya dengan uang atau sekadar mengalihkan jadwal penerbangan ke hari lain.
“Memang masih banyak calon penumpang yang menduga jika siang ini aktivitas di Bandara Juanda sudah normal. Jadi yang terlihat di Bandara Juanda, selain ada calon penumpang baru, juga banyak calon penumpang yang sudah sesuai jadwal penerbangannya hari ini. Ini kan karena force major, jadi memang tak bisa diduga,” tandas Andreas.
Sementera itu ketika dihubungi via telepon, Jumadi selaku Air Duty Officer Angkasa Pura I menegaskan, hanya Sriwijaya Air yang bertujuan ke Makassar malam nanti, rencananya akan siap terbang. (co/r4)