Junaedi Akan di Umumkan Pengganti Ketua BK

Tidak ada komentar 109 views

Surabaya,(DOC) – Pemilihan Ketua Badan Kehormatan (BK) dipastikan molor. Ditemui di ruanganya, Ketua DPRD Surabaya, Mochammad Machmud menyatakan, belum terisinya jabatan Ketua BK lantaran menunggu pangganti KH. Na’im Ridwan sebagai anggota BK yang diusulkan Partai Kebangkitran Bangsa (PKB).
Machmud menyebutkan, sebagai wakil Ketua DPRD Surabaya, secara otomatis posisi KH Na’im Ridwan di BK memang harus digantikan. Mengingat sebagai wakil ketua dilarang menjabat posisi di lembaga kelengkapan di dewan yang lain.
“Ada satu kendala dalam pemilihan Ketua BK. Kalau PKB sudah mengirimkan pengganti Gus Naim (Kh. Na’im Ridwan , red) maka pemilihan sudah bisa digelar secepatnya,” ungkap Machmud.
Sementara untuk kekosongan anggota BK dari Partai Demokrat (PD) sepeninggal Agus Santoso, ia mengungkapkan saat ini sudah resmi diganti dengan Sekretaris Komisi D, Junaedi. Bahkan untuk pengumumanya sudah dilakukan beberapa saat yang lalu dalam rapat paripurna.
Berdasarkan hasil rapat badan musyawarah (banmus) yang dilakukan beberapa saat lalu, pemilihan Ketua BK sebenaranya telah diagendakan satu pekan yang lalu. Namun karena anggotanya masih belum lengkap, terpaksa pemilihan tersebut untuk sementara waktu ditunda terlebih dahulu.
“Kalau sampai dalam beberapa hari belum terisi, ya terpkasa Gus Na’im akan memiliki suara dalam pemilihan ketua BK. Meskipun setelah dipilih ada kekhawatiran terjadi pergantian,” tukas mantan ketua Komisi B ini.
Ditanya apakah jabatn ketua BK akan tetap diduduki kader dari Partai Demokrat, Machmud menyerahkan masalah tersebut kepada internal BK. Menurutnya, untuk pemilihan beberapa posisi di lembaga legislatif tidak ada jatah khusus untuk partai tertentu.
“Saya serahkan kepada seluruh anggota BK untuk siapa yang terpilih nantinya,” cetusnya.
Begitu juga untuk pengganti Wakil Ketua Badan Legislatif (Banleg) Rusli Yusuf yang saat ini tengah menduduki jabatan ketua Komisi B, Machmud mengaku juga telah meminta PD untuk menyiapkan penggantinya di Banleg.
Terpisah, Ketua Fraksi Partai kebangkitan bangsa (FPKB) KH. Na’im Ridwan menyerahkan sepenuhnya siapa yanag bakal ditunjuk sebagai panggantinya sebagai anggota Badan Kehormatan ke DPC PKB.
“Meskipun saya menjabat sebagai wakil ketua DPRD dan Ketua FPKB, saya harus tetap ngomong ke DPC PKB karena bagaimanapaun juga itu adalah haknya partai,” tegas Gus Na’im.
Meski demikian, Gus na’im memastikan jika dalam minggu ini penggantinya di BK sudah akan terisi. “Insya’allah dalam minggu ini sudah ada yang gantikan saya di BK. Tapi, saya harus lapor dulu ke partai,” tandasnya.(k1/r7)