D-ONENEWS.COM

Kabag Humas; Pernyataan Ahok Bisa Picu Fitnah

Surabaya,(DOC) – Pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahya Purnama(Ahok) di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (1/8/2016), juga mendapat kecaman dari Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Muhamad Fikser.
Pernyataan Ahok yang dimuat oleh media online nasional, isinya bahwa “Seingat saya Bu Risma pernah ngomong, coba nanti dicek ya, kan Surabaya lebih besar dari pada Solo. Wali Kota Solo bisa jadi Presiden, masa Wali Kota Surabaya enggak bisa?” dianggap bisa mengarah ke fitnah.
“Di situ kan diminta cek. Ya kita cek. Dan hasilnya tidak pernah ada statement Wali Kota Surabaya Tri Rismaharaini yang seperti itu,” kata Fikser dalam keterangan persnya di kantor Bagian Humas, Jl. Jimerto 6-8 Surabaya, Senin(1/8/2016).
Fikser menambahkan, pengecekan yang dilakukannya itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab dalam koridor kehumasan. Seluruh dokumen, baik berupa foto, video maupun rekaman suara Wali Kota Surabaya dalam berbagai kegiatan, semuanya terarsip di Bagian Humas.
“Selama kami mendampingi beliau (Tri Rismaharini,red) mulai dari menerima tamu, menjadi narasumber, hingga wawancara resmi dengan media, tidak pernah ada statement sebagaimana disampaikan oleh Pak Ahok yang diucapkan oleh Bu Walikota (Tri Rismaharini). Ini setelah kami mencermati seluruh hasil dokumentasi selama ini,” urainya.
Pejabat berdarah Serui ini, juga mempersilakan para awak media memberitahukan kepadanya, bilamana menemukan arsip dokumentasi yang memuat Wali Kota Surabaya mengucapkan statement tersebut. “Silahkan rekan-rekan media kalau punya arsipnya bisa tunjukkan ke kami,” kata Fikser.
Menurut Fikser, selain melaksanakan tugas klarifikasi atas nama lembaga kehumasan Pemkot Surabaya, langkah ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi kegaduhan. Sebab, sambung dia, yang berstatement di media online tersebut adalah pejabat publik. “Jika hal ini tidak diluruskan, nanti mengarah ke fitnah. Intinya, kami hanya mengklarifikasi sesuai tugas pokok dan fungsi kami berbekal dokumen-dokumen kehumasan,” terang mantan Camat Sukolilo ini.
Saat ini Wali Kota Tri Rismaharini tengah fokus pada program-program pembangunan kota dan pelayanan masyarakat.(r7)

Loading...