Kabareskrim : KPK Kerdilkan Diri Sendiri

 Hukum

Jakarta (DOC) – Kabareskrim Polri Komjen Sutarman membantah tudingan yang mengatakan Polri sengaja dan berusaha untuk mengkerdilkan peran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kabareskrim Komjen Sutarman menegaskan Polri tidak pernah setuju jika peran KPK dikecilkan, namun ia menilai justru KPK yang mengkerdilkan diri sendiri. Ia mencontohkan dalam hal pengangkatan penyidik Polri sebagai pegawai KPK.

“Personel Polri ini diangkat sesuai ketentuan. Kemudian anak buah kita jadi anak buah orang lain. Masalah ini justru mengkerdilkan dirinya sendiri. Saya perlu mengungkapkan ini. Karena kita terus yang dianggap mengkerdilkan. Kalau etikanya (pengangkatan penyidik) seperti ini, justru dia (KPK) yang mengkerdilkan dirinya sendiri,” tegasnya di Mabes Polri, Sabtu (6/10/2012).

Sutarman mengatakan, Polri justru mendukung peran KPK dalam memberantas korupsi. Ia mengatakan Polri sudah mendukung dan mensupport dari beberapa aspek. Ia juga meminta semua lembaga penegak hukum bersatu padu dalam memberantas korupsi, bukan membandingkan siapa yang lebih kuat. “Kita tidak pernah ingin mengkerdilkan KPK. Justru kita yang membesarkan KPK,” tegasnya.

Sementara Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Suhardi Aliyus menegaskan bahwa langkah KPK dalam mengalihkan penyidik Polri menjadi pegawai tentu harus sesuai aturan. Suhardi menjelaskan, status penyidik Polri adalah pegawai negeri, sehingga jika akan beralih ada mekanisme yang harus ditempuh.

“Aturannya dia (Novel) mengundurkan diri dulu, dari institusi polri, kemudian mendaftar ke KPK. Polri sudah mengirim surat kepada pimpinan dan bagaimana mempedomannya. Semua bisa tuntas dengan koordinasi,” tandasnya. (Icom)