Kabareskrim Terpilih, IPW Puji Kapolri

Tidak ada komentar 410 views

Jakarta, (DOC) – Indonesia Police Watch (IPW) memberi apresiasi pada Kapolri Sutarman yang sudah mengangkat Irjen Suhardi Alius sebagai Kabareskrim yang baru.
Pengangkatan Suhardi adalah sebuah terobosan untuk menampilkan kader muda di jajaran elit Polri agar Bareskrim lebih dinamis.
Ketua Presidium IPW, Neta S Pane menuturkan, terpilihnya Suhardi memang mengejutkan banyak pihak, meski sesungguhnya ia masuk dalam bursa bakal calon Kabareskrim bersama-sama seniornya. Dalam bursa bakal calon tersebut, Suhardi tergolong yang paling muda.
“Dia dari Akpol 85, sementara bakal calon lainnya dari Akpol 80 sampai Akpol 84. Artinya, Suhardi berhasil melewati lima angkatan di atasnya,” kata Neta dalam keterangan pers, Senin (25/11/2013).
Neta menuturkan jika penunjukkan Suhardi ini memang luar biasa. Tapi hal ini sebanding dengan track record dan kinerjanya selama ini. Saat menjadi Wakapolda Metro Jaya Suhardi lebih banyak terlihat di lapangan.
“Aksi-aksi demonstrasi yang banyak terjadi saat itu di Jakarta berhasil diatasi Suhardi dengan elegan, termasuk aksi demo menentang kenaikan harga BBM di DPR maupun aksi demonstran yang membakar mobil polisi di depan kantor YLBHI Jakarta,” terang Neta.
Begitu juga, sambung dia saat menjadi Kapolda Jabar, Suhardi dengan cepat turun ke lapangan untuk mengendalikan konflik antar anggota Polri dengan TNI di Karawang.
Lebih jauh Neta menilai, dipilihnya Suhardi tak terlepas dari janji-janji yang disampaikan Sutarman dalam fit and proper test di DPR, sesaat akan menjadi Kapolri.
Saat itu Sutarman berjanji akan menuntaskan kasus-kasus pokok, kejahatan umum, kejahatan internasional, dan korupsi. Dalam hal ini Suhardi pernah menjadi Direktur V/Tipiter Bareskrim Polri dan menjadi Direskrimum Polda Metro Jaya.
Selain itu menurut Neta Sutarman berjanji mempercepat birokrasi Polri yang bebas KKN, handal, dan melalui sistem perekrutan dan karir yang transparan, profesional, akuntabel dan humanis.
“Sepertinya, janji ini akan dimaksimalkan Sutarman, setidaknya melalui ditampilkannya kader muda Suhardi Alius memimpin Bareskrim,” pungkasnya. (co/r4)