Kades Banyuwangi Dukung Pencalonan Pakde Karwo

Tidak ada komentar 198 views

Surabaya(DOC) – Sejumlah Kepala Desa (Kades) dari Banyuwangi secara bulat mendukung pencalonan Soekarwo dalam pilgub 2013 mendatang. Dukungan ini diberikan karena kinerja Pakde Karwo dinilai sudah menyentuh masyarakat bawah. Salah satunya adanya Jamkesda, koperasi wanita (kopwan) hingga bedah rumah yang menjadi program prioritas KarSa.
Muzayin, Kepala Desa Wringin Putih, Banyuwangi bersama rombongan puluhan kades Banyuwangi saat menemui Ketua Koperasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPD PD Jatim dr Lerry Sarjono mengatakan, selama ini program kerakyatan yang dirilis Pakde Karwo telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat bawah. Buktinya, hampir seluruh warganya yang rata-rata petani kini kehidupan ekonominya meningkat. Di antaranya lewat bantuan bibit, pupuk hingga pinjaman modal melalui Kopwan.
“Kami datang ke Surabaya khusus ingin menemui Pakde Karwo. Saya akan mengucapkan terima kasih atas program-programnya yang mampu meningkatkan kesejahteraan warga kami. Bersama warga di sana kami akan mendukung sekaligus memenangkan Pakde Karwo dalam Pilgub Jatim mendatang,”tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Purwanto, Kades Blambangan. Menurutnya, dengan digagasnya jamkesda, banyak warga miskin yang kini mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Meski diakui beberapa waktu lalu sempat bermasalah karena ada himbauan dari Dinas Kesehatan Pemprop Jatim yang menolak pemberlakukan Surat Pemberitahuan Miskin (SPM).
“Waktu itu sebagai Kades yang notabene mengeluarkan SPM dibuat kebingungan dan kelabakan. Banyak warga protes dan ngluruk saya. Tapi, Alhamdulillah tidak berlangsung lama setelah ada kebijakan memperbolehkan kembali berobat lewat SPM,” tegasnya
Sementara dr Lerry Sarjono saat menemui para Kades asal Banyuwangi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan kepada Pakde Kawo untuk maju dalam Pilgub Jatim mendatang. “Secara pribadi saya berterimakasih kepada para Kades yang dengan sukarela menyampaikan surat dukungannya kepada Pakde Karwo. Gubernur memiliki perhatian besar pada kesejahteraan petani dan peningkatan ekonomi di Jatim sangat mungkin mendorong mereka untuk siap memenangkan Pakde Karwo ke depan,”lanjut mantan tim sukses Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Tapi,untuk kelanjutannya dr Lerry menyerahkan sepenuhnya kepada Pakde Karwo sebagai Ketua DPD PD Jatim untuk menentukan pilihan. “Ini merupakan kewenangan penuh Pakde Karwo dan kami di sini hanya menyampaikan saja,”papar dia. (R-12)