Kadisnaker Warning Tiga Daerah

Tidak ada komentar 137 views

Surabaya, (DOCr) -Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Hary Sugiri menyatakan dari 38 kabupaten/kota di Jatim ada tiga daerah yang belum menyerahkan draf usulan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2013. Yakni, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto.

“Sampai sekarang sudah ada 35 kabupaten/kota yang sudah menyerahkan usulan. Kami harap tiga daerah segera menyerahkan draf usulan UMK 2013,”ujarnya

Sebelumnya, ada lima daerah yang belum menyerahkan usulan draf UMK. Namun, pada batas waktu terakhir peringatan kedua, dua daerah yakni Kabupaten Pasuruan dan Kota Surabaya sudah menyerahkan draf usulan UMK itu. “Hari ini (kemarin, red) batas akhir waktu peringatan kedua. Hari ini hingga 31 Oktober 2012 merupakan peringatan ketiga. Jika sampai batas waktu terakhir belum mengirimkan maka daerah tersebut dianggap tidak mengusulkan,” ujarnya.

Bagaimana jika ketiga daerah itu tidak menyerahkan usulan draf UMK 2013? Hary Sugiri menegaskan, kalau tidak menyerahkan, maka daerah itu dianggap menggunakan UMK tahun 2012. “Mau tidak mau harus menggunakan UMK tahun lalu. Usulan draf itu harus diserahkan agar segera dibahas sebelum diterbitkan surat edaran ketetapan dari Gubernur Jatim,” jelasnya.

Dari semua daerah yang sudah menyerahkan draf, mayoritas terjadi kenaikan hingga 10,37 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Misalnya, UMK Kota Surabaya. Usulan draf UMK ditansatangani walikota sebesar Rp 1.567.000.

UMK Kota Surabaya itu masih yang terbesar di Jatim. Disusul Kabupaten Pasuruan. Sesuai tanda tangan Bupati Pasuruan, diusulkan UMK 2013 sebesar Rp1.552.000. Lalu, Kabupaten Malang yang mencapai Rp 1.274.485. Posisi terendah diduduki oleh Kabupaten Magetan sebesar Rp 825 ribu.

Dengan diserahkan draf usulan UMK sesuai batas waktu, maka target pembahasan hingga 21 Nopember 2012 bisa terselesaikan. Ini karena sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa H-40 sebelum diberlakukannya UMK baru, 1 Januari 2013, harus sudah selesai dibahas. (r12 / r7)