Kadispotmar TNI AL Tutup Pelayaran Lingkar Nusantara III

Jakarta, (DOC) – Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL selaku Ketua Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional, Laksamana Pertama TNI Kingkin Suroso, S.E., menutup kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) III tahun 2013 di geladak KRI Surabaya-591 yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (18/9/2013).
Laksamana Pertama TNI (Laksma) TNI Kingkin Suroso, S.E., dalam sambutannya menyampaikan, pramuka sebagai wahana dalam menanamkan motivasi yang kuat untuk melahirkan suatu generasi muda yang berwawasan nusantara, dan untuk menumbuhkan kembali kesadaran cara pandang generasi muda dalam melihat ruang hidup bangsa sebagai bangsa bahari.
Lebih lanjut dikatakan, kegiatan Pelantara ini dapat dijadikan inspirasi bagi pemerintah dalam melaksanakan pembinaan bagi generasi muda, karena Pelantara merupakan sebuah program pelayaran menggunakan kapal perang menyinggahi kota pesisir dan pulau terpencil serta melaksanakan perkemahan pesisir di batas negara/pulau terdepan dalam upaya “Nation Character Building”.
Satuan Tugas (Satgas) Pelantara III yang dikomandani Kolonel Laut (P) Drs. Barkah S. M.Si (Han) ini merupakan salah satu bagian dari berbagai kegiatan Sail Komodo 2013.
Seperti telah diberitakan sebelumnya, Satgas Pelantara III ini telah melakukan pengibaran bendera Merah Putih berukuran 1000 M2 di pantai Monano, Kwandang, Gorontalo Utara, beberapa hari lalu, yang tentu saja mengundang perhatian dan antusiasme masyarakat sekitar. (puspen/r4)