Kafein Bisa Jadi Obat Asma?

Tidak ada komentar 188 views

Surabaya, (DOC) – Kafein umumnya terdapat dalam minuman seperti kopi dan teh. Sebagian orang meyakini bahwa kafein mengandung manfaat bagi kesehatan, walau ada juga yang yakin bahwa selain manfaat, kafein pun punya sisi negatif jika dikonsumsi berlebihan.
Nah, salah satu manfaat kafein yang bisa diperoleh oleh manusia adalah mengobati sakit asma atau sesak nafas. Zat yang juga terdapat dalam minuman coklat serta beberapa jenis minuman energi ini berguna untuk meningkatkan kerja saluran pernafasan bila seseorang penderita asma mengalami sesak, dan akan bertahan reaksinya hingga 4 jam.
Hal tersebut ditulis pada laman MeetDoctor.com. selain untuk menolong mengurangi derita penderita asma, kafein pun ternyata bermanfaat bagi penderita migrain serta sakit kepala yang tak mengonsumsi obat.
Zat tersebut akan berfungsi semacam aspirin atau acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit. Ada pula yang memanfaatkannya sebagai obat bagi sakit kantung empedu, dan penderita attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD). Ia akan meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan manusia penderita penyakit tersebut.
Penderita sakit darah rendah juga memakainya guna meningkatkan tekanan darah mereka, membantu derita pasien diabetes tipe 2, dan untuk bayi yang mengalami kelainan nafas, nafas pendek-pendek, pemberian kafein pun membantu meringankan.
Beberapa atlet pun memanfaatkan minuman yang mengandung kafein untuk menjadi stimulan semangat dan tenaga, sebab pemakaian dalam jumlah yang tak lebih dari 8 cangkir masih ditoleransi dan tak dianggap sebagai doping oleh Asosiasi Nasional Collegiate Atletik (NCAA). (sdm/r4)